Dampak Negatif Menggunakan Smartphone Sebelum Tidur

Global Estetik – Saat ini, smartphone atau gadget merupakan benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena telepon pintar tersebut memiliki banyak peranan penting, salah satunya untuk mengakses informasi. Kemudahan mengakses informasi hanya melalui smartphone membuat sebagian orang menjadi ketergantungan terhadap gadgetnya, bahkan kapan pun dan di mana pun kita dapat dengan mudah menemukan orang-orang yang sibuk dengan smartphone atau gadget mereka masing-masing.

Namun tahukah Anda, ada bahaya yang mengintai saat Anda menggunakan smartphone secara intens, terutama sebelum tidur. Menggunakan smartphone atau gadget sebelum tidur memiliki banyak efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut ini berbagai efek yang ditimbulkan akibat mengguanakan smartphone sebelum tidur.

Meningkatkan Risiko Terjadinya Kanker

Radiasi yang dihasilkan oleh smartphone dapat mengurangi produksi hormon melatonin. Kekurangan hormon tersebut akan memengaruhi asupan antioksidan dalam tubuh, sehingga menyebabkan risiko terjadinya kanker payudara atau prostat menjadi lebih besar.

Merusak Retina Mata

Menatap layar smartphone terlalu lama di malam hari dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata. Hal ini disebabkan karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone memiliki gelombang yang dapat memengaruhi penglihatan.

Selain itu, melihat layar smartphone dalam keadaan gelap juga akan memberikan efek yang kurang baik bagi penglihatan, seperti mata menjadi tegang dan sakit. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mata secara permanen.

Siklus Tidur Terganggu

Selain meningkatkan risiko terjadinya kanker, kekurangan hormon melatonin juga dapat menyebabkan siklus tidur seseorang menjadi terganggu, karena melatonin merupakan salah satu hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur seseorang. Oleh karena itu, penggunaan smartphone sebelum tidur dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti depresi.

Menurunkan Kinerja Otak dan Memori

Jika siklus tidur terganggu, maka dapat memengaruhi kinerja otak dan memori. Orang yang memiliki kuantitas tidur yang tidak mencukupi, menyebabkan metabolisme tubuh dan aliran darah yang ada di otak menjadi terpengaruh sehingga kinerjanya menjadi tidak maksimal.

Setelah mengetahui bahaya yang dapat ditimbulkan akibat menggunakan smartphone sebelum tidur, ada baiknya Anda sebisa mungkin untuk menjauhkan smartphone tersebut dari tempat Anda tidur agar tidur Anda dapat lebih berkualitas.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan