Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Global Estetik  Anda mungkin sudah pernah mendengar berkali-kali bahwa merokok dan menguonsumsi produk olahantembakau dapat memberi dampak serius pada kesehatan mulut anda. Tapi apa yang sebenarnya dampak dari merokok terhadap mulut anda dan mengapa hal itu menjadi masalah? Berikut kami akan kami tuliskan beberapa dampak efek dari  merokok yang merupakan salah satu kebiasaan paling merusak kesehatan mulut anda dan risiko kesehatan serius yang menyertainya.

Noda Kuning pada Gigi

Merokok  terkenal dengan menghasilkan efek menguning pada gigi. Perubahan warna ini sebenarnya adalah noda yang ditinggalkan oleh nikotin dan tar yang ditemukan pada rokok dan produk tembakau lainnya. Gigi yang menguning bisa sangat sulit untuk diputihkan kembali, ini semua tergantung pada seberapa jauh noda sebenarnya melekat pada gigi dan berapa lama mereka telah terpapar berbagai bahan kimia yang ditemukan dalam produk tembakau. Tereksposnya gigi anda terhadap bahan kimia ini dapat melemahkan enamel gigi, lapisan pelindung yang tidak dapat diganti. Rusaknya enamel dapat menyebabkan gigi menjadi rentan dan dapat menimbulkan masalah yang lebih kronis lainnya.

Gigi Membusuk

Karena bahan kimia dalam produk tembakau yang melemahkan enamel pelindung gigi, gigi menjadi lebih rentan terhadap bakteri, asam, dan zat perusak lainnya. Tanpa lapisan pelindung ini, komponen-komponen jahat bisa dengan bebas menggerogoti gigi dan akhirnya menyebabkannya pembusukan gigi hingga sampai ke akar gigi. Proses ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan bisa menyebabkan gigi menjadi kendur sehingga membutuhkan pengangkatan, dan bahkan terlepas. Pembusukan ini juga bisa menyebabkan infeksi yang menyebabkan masalah yang lebih besar lagi. Merokok menyebabkan kurangnya oksigen dalam darah, yang dibutuhkan tubuh anda untuk melawan infeksi ini. Kurangnya kemampuan untuk mampu melawan infeksi secara alami juga dapat menyebabkan masalah utama seperti penyakit gusi.

Kanker Mulut

Produk tembakau seperti rokok, tembakau pipa, tembakau kunyah, dan lainnya mengandung zat karsinogenik. Bahan kimia yang ditemukan dalam produk ini telah disebut sebagai penyebab utama banyak kanker, termasuk kanker mulut. Menurut The Oral Cancer Foundation, ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang ditemukan pada asap rokok, dimana lebih dari 70 yang diketahui dapt menyebabkan kanker. Kanker mulut sangat berbahaya dalam hal ini, umumnya mereka yang memilikinya tidak menyadarinya pada tahap awal karena tidak menimbulkan efek samping yang menyakitkan sampai akhirnya ia menyebar dan mulai menebar rasa sakit. Secara historis, lebih dari 75% orang berusia di atas 50 tahun yang memiliki kanker mulut adalah perokok dalam kehidupan mereka. Kanker mulut dapat mengambil banyak bentuk termasuk benjolan yang tidak dapat dijelaskan, pendarahan, pembengkakan, mati rasa, nyeri, dan kesulitan dalam menelan.

Pengobatan dari Dampak Merokok

Terdapat banyak pasta gigi dan obat kumur yang tersedia di pasaran yang diproduksi khusus untuk mereka yang menggunakan produk tembakau, namun obat tersebut hampir tidak efektif dalam mengobati masalah oral yang diberikan oleh kebiasaan merokok. Produk ini umumnya lebih kasar dan keras dalam upaya untuk menargetkan bakteri yang merusak gigi tetapi mereka tidak memiliki efek dalam memulihkan enamel, mengembalikan gigi yang telah busuk, akar gigi yang rusak, gusi yang lemah, dan mencegah kanker mulut.

Penting untuk diingat bahwa satu-satunya pengobatan yang benar-benar efektif dalam memulihkan kesehatan mulut seorang perokok adalah dengan berhenti merokok. Jika anda adalah pengguna tembakau, segera kunjungi klinik dokter gigi pilihan anda hari ini juga untuk membicarakan tentang memulai program penghentian merokok dan perawatan kesehatan gigi bagi anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan