Crash Course Mengenai Gigi Palsu

Global Estetik – Crash course ini adalah lanjutan dari postingan mengenai proses mengenal lebih dekat dengan gigi palsu yang dapat anda baca disini. Gigi palsu dapat digunakan dalam jumlah penuh atau sebagian, yang berarti mereka dapat mengganti semua gigi pada gusi atas atau bawah, atau hanya beberapa yang hilang. Terlepas dari jenis gigi palsu yang mungkin anda butuhkan, mereka akan dirancang khusus agar sesuai dengan mulut anda, dan secara visual disesuaikan dengan gigi anda.

Bahan Pembuat Gigi Palsu

Dulunya, gigi tiruan yang membentuk gigi palsu dibuat dari bahan porselen atau plastik, namun gigi palsu yang lebih modern umumnya terbuat dari resin dan beberapa bahan lainnya yang akan kita jelaskan pada artikel selanjutnya. Bahan yang digunakan untuk membuat gigi tiruan dikenal lebih rapuh dari pada gigi alami dan dapat patah apabila tidak dirawat dengan benar. Bahan ini juga lebih cepat aus dari gigi alami dan karena itulah harus diganti dengan gigi palsu baru setiap lima tahun sekali.

Struktur pendukung gigi palsu yang memegang gigi tiruan untuk tetap berada ditempatnya dan menyerupai garis gusi alami seringkali terbuat dari resin serupa yang digunakan untuk gigi, atau bahan polimer yang lebih fleksibel yang sesuai dengan garis gusi alami.

Cara Membersihkan Gigi Palsu

Terlepas dari jenis gigi palsu apa yang mungkin Anda miliki, semua gigi palsu perlu dibersihkan setiap hari, seperti gigi biasa. Meskipun gigi palsu dibuat dari gigi tiruan, bakteri, plak, dan karang gigi masih dapat terbentuk pada mereka serta dapat membahayakan gigi dan gusi yang ada.

Untuk membersihkan dentures yang anda miliki, keluarkan mereka dari mulut anda dan bersihkan dengan menggunakan air bersih untuk mengusir partikel makanan yang mungkin menempel di antara gigi, di sepanjang garis gusi, atau di bawah struktur. Kemudian sikat denture dengan sikat gigi khusus untuk gigi palsu atau sikat gigi yang sangat lembut dengan menggunakan sedikit bahan pembersih khusu atau pasta gigi khusus pembersih gigi palsu. Pastikan untuk tidak menggunakan pembersih lain, seperti pasta gigi biasa, atau sikat gigi elektrik karena bahan dan alat-alat ini terlalu abrasif dan dapat merusak bahan pembangun gigi palsu. Setelah dibersihkan, pastikan untuk membilasnya dengan baik.

Meskipun gigi palsu telah keluar dari mulut anda, pastikan untuk membersihkan gusi dan gigi alami anda dengan sikat gigi yang sangat lembut dan basah serta menggunakan pasta gigi berfluoride jika diperlukan. Jika sikat gigi anda terlalu keras, bungkus jari anda dengan lap basah yang lembut dan gosok gusi anda secara perlahan dan lembut, pastikan untuk menjangkau semua permukaan mulut anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan