Cegah Sariawan dengan Tips Berikut Ini

Global Estetik – Sikat gigi yang telalu keras hingga terjadinya benturan sikat gigi dengan rongga mulut merupakan salah satu penyabab munculnya sariawan. Sariawan yang disebabkan oleh benturan dengan sikat gigi merupakan jenis sariawan Afthosa. Selain itu ada dua jenis sariawan lainnya dengan penyebab yang berbeda, yaitu jenis Oral Thrush atau Moniliasis yang disebabkan oleh jamur candida albicands, sariawan ini banyak di temukan di bagian lidah. Jenis sariawan lainnya adalah Stomatis Herpetic yang disebabkan oleh virus herpes simpleks, sariawan ini muncul di bagian belakang tenggorokan.

Terjadinya sariawan juga disebabkan karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun dan kebersihan mulut yang buruk. Sebelum terjadinya sariawan, ada baiknya Anda melakukan pencegahan sebelum akhirnya sariawan mengganggu selera makan Anda. Lakukan cara berikut ini agar gejala akibat sariawan tidak mengganggu aktivitas Anda.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Salah satu penyebab sariawan adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk sehingga berbagai bakteri atau kuman berkembang biak di mulut. Oleh karena itu, biasakan untuk rutin menggosok gigi dua kali sehari pagi dan sebelum tidur di malam hari.

Konsumsi Makanan Bergizi

Agar terhindar dari sariwan sebaiknya atur pola makan dan perhatikan makanan yang dikonsumsi. Jangan lupa untuk memenuhi asupan vitamin C yang banyak didapatkan dari buah jeruk, strawberry dan tomat.

Jauhi Stres

Stress juga dipercaya menjadi penyebab munculnya sariawan. Hal ini disebabkan karena sariawan membuat sebagian orang merokok secara berlebihan dan tidak bisa tidur. Nikotin yang bertumpuk akibat aktivitas merokok memicu terjadinya sariawan di langit-langit mulut, terutama pada perokok berat.

Jika sariawan muncul di mulut maka harus segara diatasi. Memang ada beberapa sariawan yang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika sariawan yang Anda derita tidak kunjung sembuh setelah 2 hingga 3 hari, Anda dapat mengobati sariawan tersebut dengan berkumur menggunakan larutan air hangat yang dicampur dengan garam.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan