Menyikat Gigi Anak Anda [Bagian Pertama]

Global Estetik – Terlepas dari usia bayi atau balita anda, mempraktikkan kebersihan mulut yang baik dan membangun rutinitas perawatan gigi yang menyeluruh sangat penting dalam mempersiapkan anak untuk masa depan kesehatan mulut yang lebih terjaga dan sehat secara menyeluruh.

Pada setiap usia, kebutuhan gigi anak anda akan berubah, jadi kami telah membuat panduan mudah yang akan membantu memastikan bahwa anda dapat merawat gigi anak anda sebaik mungkin saat mereka tumbuh.

Sebelum Tumbuhnya Gigi yang Pertama

Membersihkan mulut anak anda sebelum mereka memiliki gigi sangat penting dalam proses menjaga kebersihan gigi, dan membantu anda serta sang anak untuk terbiasa dengan rutinitas menjaga kesehatan mulut yang tepat. Untuk membersihkan mulut bayi anda, basahi kain lap lembut dengan air hangat dan gosok perlahan kain di atas semua gusi mereka. Proses ini akan membantu menghilangkan bakteri yang menempel pada gusi atau jaringan di sekitarnya yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan bayi. Pembersihan ini harus dilakukan sebelum tidur setiap malam, dan setiap habis makan.

Ketika Hadirnya Gigi yang Pertama

Bila gigi pertama anak anda akhirnya membuat penampilannya (sudah mulai tumbuh), Anda bisa mulai menggunakan sikat gigi yang sangat lembut dan tidak lagi bergantung pada kain lap. Proses ini membantu menyingkirkan bakteri yang mungkin lebih sulit dihilangkan dan juga memungkinkan anak anda untuk terbiasa dengan sensasi menyikat gigi. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu yang sangat lembut, pegangan yang besar untuk manuver yang mudah, dan kepala sikat yang kecil serta nyaman ketika bergerak di sekitar mulut bayi.

Bila anda telah melihat gigi pertama tumbuh di atas garis gusi, Anda bisa menggunakan pasta gigi dengan sikat gigi yang telah dibasahi, tapi gunakan pasta gigi hanya sebesar sebutir nasi. Sebaiknya gunakan pasta gigi anak-anak karena rasanya kurang keras dan mungkin lebih menyenangkan bagi si anak. Dengan ini, bersihkan seluruh gigi , dan pastikan untuk secara sempurna meng-cover setiap sisi.

Ketika Anak Berumur Satu Tahun

Ketika anak anda sudah berusia satu tahun, anda sebaiknya langsung melakukan janji bertemu dengan dokter gigi pilihan keluarga anda, meskipun tidak ada masalah yang nyata terhadap gigi dan mulut si buah hati. Dokter gigi pilihan anda akan memastikan bahwa mulut mereka dibersihkan dengan benar dan tidak memiliki masalah, struktural atau sebaliknya, dengan kesehatan mulut mereka. Dokter gigi anda juga dapat memberi saran yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik anak anda. Ketika anak telah berumur satu tahun pastikan untuk mulai mengajarkan rutinitas membersihkan gigi, karena semakin cepat memulai kebiasaan baik, nantinya si anak akan mengembangkan tanggung jawab untuk selalu menjaga kesehatan giginya ketika sang buah hati anda beranjak dewasa.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 1

Add Comment

Tinggalkan Balasan