Cara Mengobati Batuk dengan Bahan Alami

Global Estetik -Daya tahan tubuh yang menurun dan cuaca yang tidak menentu dapat menjadi penyebab terjadinya berbagai penyakit, salah satunya adalah batuk. Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang siapa saja. Penyakit ini tentunya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, karena selain membuat sesak napas namun juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan batuk, misalnya dengan mengonsumsi obat batuk baik sirup maupun tablet yang banyak tersedia di toko obat. Akan tetapi Anda juga dapat mengobati batuk dengan menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tentunya tidak akan menimbulkan efek samping jika dikonsumsi.

Berikut ini bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan batuk.

Jehe

Untuk menyembuhkan batuk berdahak Anda dapat mengonsumsi sari jahe atau yang lebih dikenal dengan wedang jahe. Rasa hangat ketika mengonsumsi wedang jahe akan memudahkan untuk mengeluarkan dahak. Selain itu rasa hangat ketika mengonsumsi sari jahe atau wedang jahe juga dapat mengurangi rasa gatal pada penderita batuk kering.

Untuk membuat ramuan herbal yang dapat mengobati batuk Anda dapat membuatnya dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan merebus jahe yang sudah diiris ke dalam air rebusan, lalu tuangkan ke dalam cangkir dan tambahkan sedikit gula. Minum selagi hangat.

Nanas

Ananas comosus atau yang lebih dikenal dengan nama nanas memiliki kandungan bromelain yaitu ekstrak protein yang dapat meredakan batuk. Hal ini disebabkan karena bromelain dapat menekan pusat batuk dan juga mengurangi produksi dahak. Kandungan bromelain yang ada di dalam nanas juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan batuk karena memiliki efek anti radang. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengalami batuk, Anda dapat mengonsumsi buah nanas agar batuk yang Anda derita dapat segera disembuhkan.

Belimbing Wuluh

Selain dimanfaatkan sebagai bahan dalam suatu masakan, belimbing wuluh juga memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan batuk. Untuk mengatasi batuk dengan memanfaatkan belimbing wuluh, Anda hanya perlu menyiapkan 10 belimbing wuluh yang telah dibersihkan lalu parut belimbing wuluh tersebut hingga halus. Setelah itu masukkan belimbing wuluh yang telah halus ke dalam segelas air dan tambahkan sedikit garam. Lalu saring dan buang ampasnya hingga hanya menyisakan airnya saja, minum hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan