Cara Mengenali Penyakit Melalui Kesehatan Mulut

Global Estetik – Mulut memiliki fungsi sebagai tempat masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh, selain itu mulut juga merupakan gerbang masuknya berbagai macam zat yang berasal dari luar. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan mulut karena berbagai macam penyakit yang berasal dari bakteri dan kuman dapat masuk melalui mulut. Untuk mengetahui penyakit apa saja yang dapat diketahui melalui mulut, berikut ini adalah tanda-tanda penyakit yang dapat diketahui melalui kondisi mulut.

  • Gusi berdarah

Radang pada gusi atau penyakit Gingvitis dapat diketahui dengan kondisi gusi yang berdarah. Gusi berdarah memang biasa terjadi ketika seseorang menggosok gigi terlalu keras atau menggunakan benang gigi. Namun jika gusi sering berdarah merupakan tanda adanya peradangan pada jaringan gusi. Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya karang gigi. Penyakit Gingivitis yang dibiarkan dapat menyebabkan terjadinya periodontitis yaitu keadaan gusi yang pecah-pecah dan mengelupas serta menjadi sarang bagi bakteri.

  • Gigi terkikis

Gigi terkikis merupakan suatu tanda jika tubuh kemungkinan mengalami penyakit yang berkaitan dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) yaitu kondisi di mana asam lambung naik hingga kerongkongan. Hal inilah yang menyebabkan dada dan kerongkongan terasa panas. Meski tidak semua orang merasakan gejala tersebut saat mengalami GERD. Selain itu, kondisi asam lambung naik inilah yang menyebabkan lapisan enamel gigi terkikis.

  • Banyak Gigi Berlubang

Beberapa penyebab gigi berlubang adalah kebiasaan meminum minuman bersoda atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu, gigi berlubang juga dapat dijadikan sebagai pertanda jika tubuh mengalami kesulitan dalam memproses glukosa.

Kondisi tersebut yang menyebabkan gula menumpuk di dalam air liur dan meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang sehingga membuat gigi sering terasa ngilu atau sakit, terutama seteleh mengonsumsi makanan yang dingin, panas, atau manis.

  • Bercak di Lidah

Adanya bercak putih yang terdapat pada lidah  merupakan salah satu gejala sariawan. Penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi kuman Candida. Sariawan umumnya banyak dialami oleh masyarakat, namun bagi penderita diabetes, atau mereka yang memiliki mulut kering dan memiliki sistem kekebalan tubuh menurun harus lebih berhati-hati.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan