Cara Mengenali Penyakit Lewat Kuku

Global Estetik – Salah satu cara untuk mengetahui penyakit apa yang sedang dialami oleh tubuh bisa dilakukan dengan melihat keadaan kuku. Setiap orang tentu memiliki tipe kuku yang berbeda-beda, baik itu warna, tekstur hingga kekuatan kuku itu sendiri. Dari jenis kuku yang berbeda-beda tersebut memiliki arti tersendiri, terutama dalam kaitannya dengan penyakit yang dialami oleh seseorang. Oleh karena itu, apabila kuku terlihat tidak normal, maka sebaiknya Anda harus segera periksakan ke dokter untuk lebih meyakinkannya. Keadaan tubuh yang tidak sehat bisa ditandai dengan kondisi kuku berikut ini.

• Kuku Berwarna Pucat

Kurangnya nutrisi bisa ditandai dengan kuku yang berwarna pucat. Selain kurangnya nutrisi, warna pucat pada kuku juga bisa menjadi indikasi tubuh mengalami anemia serta kekurangan zat besi, vitamin, dan berbagai mineral lainnya.

• Garis pada Kuku

Umumnya garis yang muncul secara horizontal atau vertikal pada kuku merupakan salah satu tanda terjadinya penuaan pada seseorang dan bisa jadi hal itu merupakan hasil luka atau infeksi jamur. Akan tetapi, jika garis pada kuku muncul selain faktor-faktor tersebut, bisa jadi garis itu merupakan tanda tubuh mengalami penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, keracunan arsenik, kurang nutrisi, hingga serangan jantung. Tanda garis di permukaan kuku bisa menjadi pertanda yang tidak baik bagi tubuh apabila warnanya sudah kuning dan garis pada kuku tersebut menebal, rapuh dan kaku.

• Kuku Retak dan Kasar

Kuku yang terlihat kering, rapuh serta sering retak bisa menjadi pertanda jika tubuh mengalami penyakit tiroid. Namun jika kuku berwarna kuning dan membelah, ada kemungkinan disebabkan karena infeksi jamur. Sementara jika permukaan kuku berkerut dan berbunyi saat diadu, hal ini adalah salah satu tanda awal dari inflamasi arthritis.

• Kuku Kebiru-biruan

Salah satu penyebab kuku menjadi kebiru-biruan adalah efek samping medis. Selain itu, kurangnya oksigen dalam sistem metabolisme tubuh juga bisa menjadi penyebab kuku kebiru-biruan. Penderita anemia dan asma umumnya memiliki kuku seperti ini.

• Kuku Putih

Adanya noda atau bintik putih pada kuku merupakan hal yang umum dan normal terjadi dan dalam beberapa hari atau minggu, bintik putih tersebut bisa hilang. Namun apabila hampir seluruh permukaan kuku dipenuhi dengan bintik putih, hal tersebut merupakan gejala leukonychia atau White Nail Syndrome. Sindrome tersebut merupakan pertanda tubuh mengalami radang paru, gagal ginjal, dan penyakit jantung.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan