Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Kerusakan yang terjadi pada gigi seperti sindrom gigi retak, iritasi dan erosi gigi merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit gigi. Jika seseorang mengalami sakit gigi, tentu saja akan mengganggu aktivitas harian seperti tidak enak makan. Sakit gigi yang terus dibiarkan dapat menyebabkan pembengkakkan pada gusi. Umumnya seseorang yang mengalami nyeri saat sakit gigi akan mengonsumsi obat pereda sakit seperti ibupropen dan parasetamol. Namun selain mnegonsumsi obat-obatan yang berbahan kimia, untuk mengatasi sakit gigi Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan yang terbuat dari bahan alami yang tentunya tidak memiliki efek samping. Berikut ini beberapa obat tradisional yang dapat Anda coba untuk mengatasi sakit gigi.

Minyak Cengkeh

Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh sisa makanan atau bakteri yang masuk ke dalam gigi berlubang. Dalam hal ini, untuk meredakan sakit pada gigi berlubang yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan. Cengkeh mengandung senyawa antiseptik yang mampu mengurangi infeksi dan diyakini ektif dalam meredakan sakit gigi.

Belimbing Wuluh

Selain digunakan sebagai salah satu bahan masakan, belimbing wuluh atau belimbing sayur juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Caranya yaitu dengan mengunyah belimbing wuluh yang sudah dicampurkan dengan garam pada gigi yang sakit.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua jenis bumbu dapur ini diyakini mampu meredakan sakit gigi. Untuk mengatasi sakit gigi dengan bawang merah, caranya ambil sepotong bawang merah, lalu simpan pada gigi yang sakit. Sedangkan untuk bawang putih, kunyah potongan bawang putih yang sudah dicampur dengan garam untuk mengatasi sakit gigi.

Jeruk Nipis

Sakit gigi yang disertai dengan gusi bengkak juga dapat diatasi dengan jeruk nipis. Cara untuk mengatasi sakit gigi dengan jeruk nipis juga cukup mudah yaitu Anda hanya perlu menyiapkan air perasan jeruk nipis. Air perasan tersebut ditambahkan dengan air hangat. Gunakan perasan air jeruk nipis dengan air hangat untuk berkumur. Lakukan cara ini secara teratur pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Itulah beberapa obat tradisional yang dapat Anda coba di rumah untuk mengatasi sakit gigi. Selain mudah ditemukan, bahan-bahan tersebut juga tidak menimbulkan efek samping dan tentunya memberikan khasiat yang tidak kalah dengan obat yang mengandung bahan kimia.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan