Cara Alami Meredakan Gigi Sensitif

Globalestetik.com – Memiliki gigi sensitif memang tidak nyaman, sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan, tidak boleh terlalu panas maupun terlalu dingin. Gigi sensitif terjadi karena email atau lapisan gigi menipis sehingga menimbulkan gangguan gusi dan menyebabkan gusi turun. Banyak hal yang dapat menyebabkan ketidaksempuranaan pada enamel atau email gigi sehingga menjadikan gigi sensitif, misalnya penggunaan sikat gigi yang berlebihan dan tidak benar. Selain itu, konsumsi minuman atau makanan yang mengandung asam berlebih juga dapat menipiskan email gigi yang menyebabkan gigi sensitif.

Gigi sensitif membutuhkan perawatan khusus agar kondisinya tidak semakin parah. Jika kondisi gigi sensitif Anda tidak terlalu parah, Anda dapat mencoba cara alami berikut ini untuk meredakannya.

  1. Daun Jambu Biji

Kandungaan flavonoid dan anti inflamasi pada daun jambu biji dapat mengatasi nyeri gigi sensitif. Untuk meredakan gigi sensitif dengan menggunakan daun jambu biji caranya cukup mudah, Anda dapat langsung mengkonsumsi daun jambu biji yang masih muda dua kali sehari.

  1. Air Garam

Banyak orang percaya jika air garam dapat membantu meredakan sensitivitas gigi. Namun apakah benar air garam dapat meredakan gigi sensitif? Faktanya, air garam dapat meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut. Hal tersebut akan menciptakan lingkungan basa yang menyebabkan berbagai bakteri yang berbahaya pada gigi dan mulut tidak dapat bertahan hidup. Dengan demikian, memang benar air garam dapat membantu mengatasi nyeri gigi sensitif. Untuk membuat air garam, caranya larutkan setengah sendok makan garam dengan air hangat. Gunakan air garam tersebut sebagai air kumur. Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi dua kali sehari untuk mengurangi risiko terkena gigi sensitif.

  1. Baking Soda

Obat kumur alami yang terbuat dari baking soda dapat dimanfaatkan untuk mengikis plak yang memicu gigi sensitif. Plak terbentuk akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan. Jika dibiarkan, plak akan menempel dan mengeras sehingga membentuk karang gigi. Untuk membuat obat kumur alami yang terbuat dari baking soda dibutuhkan 4 sendok teh gliserol sayuran, 10 tetes perasan lemon, 1 sendok teh jeli lidah buaya, dan setengah gelas baking soda. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dalam satu gelas air. Setelah itu, aduk dengan menggunakan sendok. Gunakan campuran bahan-bahan tersebut untuk berkumur dua kali sehari.

  1. Cengkeh Bubuk

Cengkeh biasa digunakan dalam dunia kedokteran gigi untuk keperluan anti bakteri, anestesi, dan anti inflamasi. Selain itu, cengkeh juga dipercaya memiliki kandungan yang dapat menguarangi rasa sakit gigi. Bukan hanya itu saja, ekstrak air cengkeh memiliki efek analgesik. Untuk mengurangi nyeri gigi sensitif, siapkan cengkeh secukupnya lalu tumbuk dan tambahkan sedikit air. Oleskan cengkeh yang sudah ditumbuk tersebut pada gigi sensitif, diamkan selama 20 hingga 30 menit. Kemudian berkumur dengan air bersih.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan