Cara Alami Mengobati Flu atau Pilek

Globalestetik.com – Cuaca yang tidak stabil dan kondisi tubuh yang kurang fit menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang kerap menyerang tubuh saat cuaca tidak stabil adalah flu atau pilek. Penyakit tersebut termasuk salah satu penyakit yang sering dialami oleh semua orang, tidak terkecuali bayi yang baru lahir. Flu atau pilek disebabkan oleh virus dan dapat menular melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Seseorang yang terkena flu akan mengalami gejala berupa bersin-bersin, nyeri tenggorokan, demam, hidung tersumbat, dan batuk. Gejala yang timbul akibat penyakit flu atau pilek tentunya sangat mengganggu aktifitas. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba berbagai cara agar dapat sembuh dari penyakit flu, salah satunya dengan cara alami atau tradisional. Nah, jika saat ini Anda merasakan gejala-gejala seperti penyakit flu, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara alami berikut ini.

Mengobati Flu atau Pilek Secara Alami

  1. Beristirahat

Kondisi tubuh yang kurang fit kerap kali membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit, seperti flu atau pilek. Oleh karena itu, berikanlah waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Dengan begitu, tubuh akan kembali segar sehingga mampu melawan bebagai virus penyakit, termasuk virus penyebab sakit flu atau pilek.

  1. Berkumur

Salah satu gejala yang timbul akibat flu adalah sakit tenggorokan. Untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk saat flu, cobalah berkumur dengan air hangat yang telah dicampur dengan setengah sendok teh garam. Sedangkan untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, Anda dapat memanfaatkan madu dan sari apel.

  1. Larutan Garam

Selain tenggorokan sakit, gejala yang juga timbul saat mengalami flu atau pilek adalah hidung tersumbat. Kondisi tersebut tentunya membuat hidung menjadi terasa tidak nyaman dan sulit untuk bernafas. Dengan campuran garam, baking soda, dan air hangat dapat menjadi obat alami untuk mengatasi hidung tersumbat. Larutan garam tersebut disemprotkan ke dalam hidung. Selain itu, larutan garam juga dapat menghilangkan virus dari hidung.

  1. Konsumsi Sup atau Kaldu Ayam

Di Cina, masyarakatnya biasa mengkonsumsi sup saat mengalami flu atau pilek. Sup yang berisi kaldu tulang atau ayam diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan kaldu yang dihasilkan dari daging dan tulang ayam dapat membantu meningkatkan kerja sel darah putih untuk melawan infeksi dan mengatasi peradangan. Selain memiliki rasa yang enak, sup kaldu ternyata dapat menjadi obat alami untuk Anda yang menderita flu.

Itulah berbagai cara sederhana yang dapat dicoba untuk mengatasi flu atau pilek secara alami.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan