Cara Alami Mengobati Diare

Globalestetik.com – Diare merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang menyebabkan sakit perut serta buang air besar yang sangat sering sehingga penderita diare akan bolak-balik ke toilet. Masalah utama dari diare terletak pada penyerapan usus besar yang tidak berjalan normal. Penyakit diare ini tidak boleh dianggap remeh karena dapat menimbulkan kematian pada penderitanya. Oleh karena itu, kenali gejala penyakit diare agar gangguan sistem pencernaan tersebut dapat segera ditangani. Beberapa gejala diare antara lain sering buang air besar, perut mulas yang berlebihan, dan muncul suara di perut. Selain itu, diare juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain konsumsi makanan asam dan pedas yang berlebihan, konsumsi minuman berakohol, dan stress.

Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan, Anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengobatan diare secara alami yang dapat Anda buat sendiri. Obat diare yang terbuat dari bahan alami memang sudah banyak digunakan oleh orang Indonesia sejak jaman dahulu. Berikut ini berbagai cara alami untuk mengobati diare.

  1. Buah dan Daun Jambu Biji

Tanaman jambu biji memang sudah terkenal sejak dulu dapat menyembuhkan diare secara alami. Untuk mengobati diare dengan memanfaatkan tanaman jambu biji, Anda dapat memakan secara langsung buah jambu biji atau mengkonsumsi pucuk jambu biji dengan garam dapur.

  1. Kunyit dan Kapur Sirih

Selain tanaman jambu biji, kunyit juga sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah gangguan pada sistem pencernaan. Menggunakan kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi diare, caranya adalah siapkan 2 jari kunyit yang diiris tipis, lalu rebus kunyit tersebut dalam 1 gelas air hingga tersisa 1/3 gelas. Setelah itu, tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih. Tunggu hingga dingin, lalu saring airnya dan diminum. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pengobatan dengan kunyit dan kapur sirih tiga kali sehari

  1. Memanfaatkan Yoghurt

Yoghurt merupakan susu yang difermentasi dan memiliki rasa asam. Banyak orang mengira bahwa mengkonsumsi yoghurt saat diare akan memperparah diare yang diderita. Namun faktanya, yoghurt mengandung bakteri baik Lactobacillus acidophilus dan Bifodabacterium bidful yang dapat menyeimbangkan sistem saluran pencernaan. Sehingga dengan kata lain, yoghurt dapat menyembuhkan diare.

  1. Menggunakan Teh Herbal

Teh herbal yang digunakan untuk mengobati diare ada dua macam, yaitu teh chamomile dan teh peppermint. Teh chamomile dapat menurunkan resiko terjadi peradangan di usus halus maupun usus besar dan dapat menenangkan usus yang sedang terserang diare. Untuk mengatasi diare dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh ini secara rutin. Seperti halnya teh chamomile, teh peppermint juga memiliki fungsi yang sama yakni dapat menenangkan kejang usus.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan