Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Globalestetik.com – Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan dengan tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHg, sedangkan penderita hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Tidak semua penderita hipotensi mengalami gejala-gejala seperti pusing, keringat dingin, mata berkunang-kunang, lemas, dan pandangan buram. Namun jika tekanan darah cukup rendah, kemungkinan besar penderita hipotensi dapat mengalami gejala-gejala tesebut.

Tekanan darah rendah dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit tersebut perlu mengetahui apa saja faktor yang dapat menyebabkan darah rendah. Ada banyak faktor yang dapat membuat tekanan darah seseorang rendah, seperti faktor usia, kondisi cuaca, dan pengobatan. Cuaca udara yang lebih panas dapat membuat tekanan darah seseorang menurun. Selain itu, tekanan darah rendah juga bisa diakibatkan oleh kondisi atau penyakit tertentu, antara lain dehidrasi, anemia, penyakit saraf, hingga penyakit jantung.

Setelah mengetahui penyebab tekanan darah rendah, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi tekanan darah rendah. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara alami yaitu mengkonsumsi makanan sehat. Nah, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah atau hipotensi.

Air mineral

Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah berkurangnya cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Hal ini membuat konsentrasi air dalam darah berkurang dan konsentrasi kalium dalam darah meningkat. Kalium dapat menyebabkan intensitas tekanan darah menjadi menurun. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi air putih kurang lebih 8 hingga 10 gelas per hari agar konsentrasi air dalam darah menjadi normal dan terhinda dari tekanan darah rendah.

Daging Ayam

Daging ayam mengandung protein yang tinggi salah satunya protein hewani yang sangat baik untuk tubuh. Protein hewani pada daging ayam diyakini dapat meningkatkan tekanan darah.

Hati Ayam

Jika pada daging ayam mengandung protein hewani yang dapat meningkatkan tekanan darah rendah, maka pada hati ayam mengandung banyak zat besi yang dapat memompa dan memacu tekanan darah. Sehingga bagi penderita hipotensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daging dan hati ayam.

Jus Wortel

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, wortel juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Agar lebih nikmat, wortel dapat dikonsumsi dalam bentuk jus yang ditambahkan dengan dua sendok madu. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsi jus wortel ini dua kali sehari.

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, selain dikenal dapat mengatasi tekanan darah tinggi, bawang putih juga dapat menstabilkan tekanan darah rendah.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan