Cara Alami Mengatasi Migrain atau Sakit Kepala Sebelah

Global Estetik – Sakit kepala sebelah atau yang lebih dikenal dengan istilah migrain merupakan salah satu gangguan yang terjadi di kepala. Berdasarkan data WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia, migrain merupakan salah satu gangguan medis yang banyak dialami oleh penduduk dunia. Sakit kepala sebelah atau migrain ini ditandai dengan adanya tekanan atau nyeri pada separuh bagian kepala. Umumnya, migrain lebih banyak dialami oleh perempuan daripada laki-laki. Karena ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya migrain pada perempuan, seperti stres, kurang tidur, hingga gejala PMS.

Gejala migrain yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda dan terkadang migrain menimbulkan gejala gangguan sensorik seperti meningkatnya kepekaan terhadap suara dan cahaya, kaki dan lengan menggigil dan perut terasa mual. Kaku leher, konstipasi dan peka terhadap rangsang merupakan gejala lainnya yang disebabkan oleh migrain.

Seseorang yang sedang mengalami migrain tidak dapat beraktivitas dengan baik. Oleh karena itu, sakit kepala sebelah atau migrain harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas. Berikut cara yang dapat Anda lakukan saat mengalami sakit kepala sebelah atau migrain.

• Teh Jahe Hangat

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research pada tahun 2013 menyebutkan bahwa jahe memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada kepala seperti migrain atau sakit kepala sebelah. Kandungan senyawa aktif yang ada dalam jahe berfungsi untuk menghambat produksi prostaglandins, yaitu hormon penyebab rasa sakit dan nyeri pada otot. Selain itu, dengan mengonsumsi teh jahe akan melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

• Peppermint

Kandungan senyawa anti-inflammatory atau antiradang yang terdapat di dalam peppermint dapat menenangkan saraf dan meredakan migrain. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dipublikasikan dalam International Journal of Neuroscience yang menyatakan bahwa aroma herbal dari peppermint dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit di bagian kepala.

• Kopi

Kopi mengandung kaffein yang dapat menghambat kerja beberapa reseptor yang menyebabkan timbulnya migrain. Dengan meminum secangkir kopi akan membantu mengurangi gejala yang diakibatkan oleh migrain. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda dapat menambahkan perasan lemon ke dalam kopi. Di samping itu, Anda sebaiknya juga jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi karena kaffein yang ada di dalam kopi jika dikonsumsi dalam kadar yang tinggi dapat memperparah rasa sakit akibat migrain.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan