Cara Alami Mengatasi Gangguan pada Lambung

Global Estetik – Asam lambung digunakan oleh tubuh untuk mencerna makanan. Asam lambung yang berlebih dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Jika katup antara kerongkongan dan lambung tidak bergungsi dengan baik, asam lambung dapat naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut dikenal dengan GERD (gastroesphageal reflux disease). Sakit dada atau nyeri pada ulu hati merupakan gejala yang ditimbulkan jika tubuh mengalami GERD. Gejala lainnya seperti mulut terasa asam atau pahit karena asam naik ke kerongkongan, sulit menelan dan perut terasa tidak nyaman.

Belum diketahui pasti apa penyebab melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung. Namun ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko refluks yaitu konsumsi makanan dan minuman tertentu di antaranya seperti kopi, cokelat, makanan berlemak dalam jumlah banyak, dan alkohol. Sedangkan untuk mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi ramuan alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Pisang

Mengonsumsi pisang merupakan salah satu cara untuk mengobati maag atau dispesia. Pisang dapat dijadikan sebagai antasida atau suatu zat yang dapat meredam tingginya produksi Hcl. Dengan demikian sangat disarankan bagi Anda yang menderita maag untuk mengonsumsi pisang. Namun jika Anda telah mengonsumsi pisang tapi membuat kesehatan Anda semakin paraj, sebaiknya hentikanlah cara ini dan cobalah menggunakan alternatif lainnya.

Jahe

Jika dengan mengonsumsi pisang belum mampu mengatasi gangguan pada lambung Anda, maka cobalah untuk mengonsumsi minuman jahe. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki kandungan yang dapat menetralisir asam lambung. Namun jahe yang harus dikonsumsi dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari 2 hingga 4 gram saja. Sebab jika mengonsumsinya dengan dosis yang lebih besar, maag yang diderita akan semakin parah.

Permen Karet

Mengunyah permen karet bebas gula bermanfaat untuk membantu merangsang produksi air liur. Air liur bersifat basa sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Setelah makan, kunyah permen karet bebas gula selama setengah jam, maka gangguan pada lambung Anda akan segera sembuh. Namun hindari permen karet rasa mint, sebab permen karet jenis itu justru akan memicu refluks asam lambung.

Baking Soda

Asam lambung juga dapat dinetralkan dengan mengonsumsi satu gelas air yang dicampur dengan satu sendok teh baking soda. Untuk hasil yang lebih optimal, minum larutan ini empat kali sehari setiap 1 hingga 2 jam setelah makan.

Lidah Buaya

Minum jus lidah buaya setelah bangun tidur dipercaya dapat menyembuhkan sakit maag. Selain itu, jus lidah buaya juga dapat melancarkan buang air besar.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan