Berbagai Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Globalestetik.com – Vitamin merupakan salah satu zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan salah satu zat gizi yang dibutuhkan, maka tubuh akan mengeluarkan suatu sinyal atau tanda peringatan. Lalu, tanda peringatan apa saja yang bisa dirasakan oleh seseorang jika tubuh butuh asupan vitamin?

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

  • Ruam kemerahan di sekitar wajah

Salah satu tanda jika tubuh mengalami kekurangan vitamin yaitu munculnya ruam kemerahan bersisik di area wajah atau istilah ilmiahnya dikenal dengan dermatitis. Jika mengalami gejala tersebut, maka tubuh kekurangan vitamin B7 atau biotin. Sebenarnya, tubuh mudah menyimpan berbagai vitamin yang mudah larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan vitamin K, namun tubuh tidak bisa menyimpan sebagian besar vitamin B. Penyebab ruam kemerahan pada wajah juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi telur mentah, sebab protein yang terkandung dalam telur mentah akan mengahambat penyerapan biotin. Untuk mengatasi kekurangan vitamin B7 atau biotin bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak salmon, jamur, alpukat, kedelai, pisang, dan telur yang sudah dimasak.

  • Bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan pertanda jika tubuh kekurangan zat besi, dan vitamin B yaitu vitamin B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan B12. Umumnya, gejala seperti ini terjadi pada seseorang yang vegetarian, sebab terkadang seseorang yang hanya mengonsumsi sayur-sayuran tidak mendapat mineral besi, vitamin B12, dan seng yang cukup dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, usahakan untuk juga mengonsumsi jenis makanan lainnya seperti salmon, tuna, tiram, telur, ayam, dan kacang-kacangan.

  • Sering mengalami kesemutan dan kebas

Kesemutan dan kebas memang umum terjadi, namun sebaiknya Anda harus berhati-hati jika sering mengalami kesemutan dan kebas di tangan dan kaki. Bisa jadi hal tersebut merupakan sinyal bahwa tubuh membutuhkan asupan vitamin B seperti vitamin B6, B9, dan B12. Selain ditandai dengan sering terjadinya kesemutan dan kebas, tubuh yang kekurangan vitamin B6, B9, dan B12 juga akan sering mengalami anemia, kelelahan, perasaan cemas, ketidakseimbangan hormon, hingga depresi. Konsumsi kacang-kacangan, telur, asparagus, bayam, ayam, dan jenis makanan laut untuk mengatasi kekurangan vitamin tersebut.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan