Berbagai Manfaat Daun Mint

Global Estetik – Daun mint merupakan salah satu dedaunan yang memiliki banyak manfaat dan mudah ditemukan di seluruh dunia. Daun mint memiliki dua jenis, yaitu peppermint dan spearmint. Peppermint merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Eropa, peppermint memiliki nama Latin Mentha Piperta. Sedangkan, spearmint atau yang memiliki nama Latin Mentha Spicata merupakan jenis daun mint dengan aroma mint yang tidak terlalu tajam dibandingkan dengan jenis daun mint lainnya. Daun mint mengandung berbagai macam nutrisi yang memiliki manfaat bagi kesehatan maupun digunakan sebagai bahan untuk memasak. Mengonsumsi mint dalam jumlah yang tepat akan memberikan berbagai manfaat seperti di bawah ini.

Meredakan Nyeri

Kandungan antipasmodic yang ada di dalam daun mint dapat mengatasi nyeri pada tubuh. Zat antipasmodic juga dapat mengendurkan otot yang menegang sehingga membuat otot menjadi lebih rileks.

Menjaga Kesehatan Gigi

Daun mint juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa yang ada di dalam daun mint yang berfungsi sebagai zat antibakterial sehingga dapat membunuh bakteri dan kuman di dalam mulut. Mengunyah daun mint atau mengonsumsi permen yang mengandung mint tidak hanya dapat menyehatkan gigi dan mulut, tetapi juga dapat menyegarkan mulut sehingga terhindar dari bau yang tidak sedap.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain dapat membantu menjaga kesehatan gigi, rutin mengonsumsi daun mint juga bermanfaat untuk membuat kulit tetap sehat. Kandungan vitamin A dalam daun mint dapat menghindarkan kulit dari berbagai gangguan seperti jerawat.

Penangkal Radikal Bebas

Daun mint mengandung senyawa antioksidan sehingga mampu menangkal berbagai serangan penyakit. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mudah terserang penyakit, ada baiknya untuk mengonsumsi duan mint secara rutin.

Menurunkan Demam

Mengonsumsi daun mint dapat memberikan efek yang menyegarkan dan sensasi dingin pada tubuh. Biasanya bagi mereka yang mengalami kenaikan suhu atau demam akan memanfaatkan daun mint untuk meredakan demam.

Daun mint memang memiliki banyak manfaat seperti yang disebutkan di atas, namun jika daun mint dikonsumsi dengan kadar yang berlebihan akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, daun mint harus dikonsumsi dengan k

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan