Berbagai Macam Pilihan Jenis Behel Gigi

Global Estetik – Beberapa jenis kawat gigi ortodontik dapat digunakan untuk reposisi gigi anda. Bracket Damon dan Bracket keramik adalah dua jenis kawat gigi yang paling populer. Pasien dapat memilih dari kawat gigi keramik, plastik (kawat gigi bening), atau stainless steel (kawat gigi logam). Stainless steel adalah bahan praktis, dan yang paling umum, tapi keramik atau plastik bisa digunakan untuk keperluan aesthetic dentistry.

Sebelum anda memutuskan pilihan dan jenis kawat gigi yang akan anda gunakan, pastikan anda harus selalu memeriksakan diri pada ahli ortodontik pilihan anda untuk mencari tahu jenis kawat gigi ortodontik apa yang ditawarkan, serta kekurangan dan kelebihannya.

Behel Gigi Tradisional

Kawat gigi tradisional telah berkembang dibandingkan pendahulunya dan sekarang menjadi lebih ringan dalam hal berat dan lebih terstruktur sempurna daripada kawat gigi pendahulunya. Mereka terbuat dari baja tahan karat bermutu tinggi dan memiliki braket logam yang menempel pada masing-masing gigi dengan menggunakan perekat sejenis semen. Braket dihubungkan satu sama lain dengan archwire tipis, yang memberi tekanan pada gigi sehingga menyebabkan mereka bergerak perlahan ke posisi yang benar.

Tali pengikat dihubungkan ke setiap bracket menggunakan penghubung elastis kecil yang dikenal sebagai ligatur atau cincin-o, yang akan diubah oleh orthodontis setiap kali dia mengencangkan kawat gigi. Beberapa jenis kawat gigi memiliki bracket yang tidak memerlukan cincin o, dan ini disebut kawat gigi self-ligating.

Behel Gigi Berbahan Ceramics

Behel gigi keramik menggunakan bracket yang kurang mencolok untuk pasien yang peduli dengan penampilan senyum mereka. Bracket keramik yang tembus pandang, sehingga mereka dapat berbaur dengan warna gigi alami anda. Ini berarti, tidak seperti kawat gigi stainless steel tradisional, kawat gigi keramik tidak akan membuat senyum anda terlihat “metalik”. Selain itu, kawat gigi jenis ini dirancang sedemikian rupa sehingga tidak akan menimbulkan noda atau berubah warna dalam jangka waktu yang lama. Dokter gigi pilihan anda dapat memberi tahu anda apakah anda adalah kandidat yang tepat untuk behel gigi keramik.

Mini Bracket

Kawat gigi mini mengandalkan teknologi yang sama dengan rekan logam mereka yang lebih besar: Bracket logam menempel di bagian depan gigi dan metal arch-wires  yang terpasang pada bracket untuk menggerakkan gigi. Bedanya adalah dalam ukuran – kawat gigi mini berkisar antara 30 persen lebih kecil dari kawat gigi tradisional logam. Mereka juga terbuat dari baja tahan karat yang lebih kuat daripada rekan mereka yang lebih besar, jadi anda tidak akan mengorbankan kekuatan untuk ukuran. Kawat gigi mini pada dasarnya kurang terlihat dari kawat gigi tradisional dan lebih mudah untuk dijaga kebersihannya. Ukuran yang lebih kecil juga berarti lebih sedikit ketidaknyamanan pada bagian dalam mulut anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan