Berbagai Macam Jenis Behel Gigi Part 3

Global Estetik – Kawat gigi modern datang dalam berbagai bentuk dan ukuran – sehingga anda dapat memilih begitu banyak pilihan dan tidak akan stuck pada kawat gigi tradisional. Pilihan material behel terus membaik dan ada beberapa yang sangat discreet sehingga bahkan kita tidak dapat melihat mereka.

Clear and Removable Aligner 

Invisalign adalah tipe clear aligner yang bisa anda gunakan sebagai pengganti logam atau kawat gigi Damon. Ini melibatkan berbagai pelurus plastik bening yang menyerupai penjaga mulut (mouthguard), yang dibuat khusus untuk anda. Behel jenis ini dapat dilepas untuk makan dan dibersihkan, dan anda harus mengubahnya untuk aligner yang baru setiap dua minggu sekali. Setiap aligner baru menyesuaikan pada gigi anda satu langkah lebih jauh. Aligner juga dianjurkan untuk penggunaan berkelanjutan setelah anda menyelesaikan perawatan ortodontik anda. Peranti ini membantu mempertahankan hasil yang anda inginkan sampai gigi anda telah settled dan selesai bergerak.

Forsus Appliances

Beberapa anak memerlukan penggunaan peralatan Forsus untuk memperbaiki overbites yang sulit, dan pilihan ini sebagian besar telah menggantikan penggunaan head braces. Alat Forsus adalah pegas yang ada di dalam pipi yang menempel pada kawat gigi untuk menyesuaikan rahang atas atau bawah ke posisi semula.

Palatal Expander

Bagi pasien yang memiliki gigi yang penuh sesak, dua pilihan untuk mengatasi masalah ini adalah ekstraksi gigi dan perluasan palatal. Ekstraksi gigi adalah solusi yang paling disukai di masa lalu, namun ahli ortodontik modern sering merekomendasikan penggunaan palatal expander untuk beberapa waktu. Ini adalah alat yang sesuai dengan langit-langit mulut anda dan memberi tekanan ke bagian belakang geraham atas untuk secara bertahap memindahkan gigi anda lebih jauh. Proses ini akan memperluas langit-langit mulut anda dan memungkinkan jenis kawat gigi lain dipasang untuk memperbaiki posisi gigi anda.

Orthodentic Retainer

Retainer adalah peralatan ortodontik yang terbuat dari kawat plastik dan kawat baja tahan karat yang digunakan untuk menahan gigi pasien di tempatnya setelah kawat gigi dikeluarkan. Retainer akan menahan gigi di posisi baru mereka karena gusi dan tulang sekitarnya akan menyesuaikannya. Jumlah waktu penggunaan retainer bervariasi, tetapi banyak orthodontists merekomendasikan remaja memakai retainer mereka hingga mereka berumur 20-an.

Lingual Braces

Behel gigi lingual disesuaikan untuk menyatu dan bersembunyi di belakang gigi untuk tetap tidak terlihat. Biayanya lebih mahal dari kawat gigi karena prosesnya yang lebih rumit. Mereka membutuhkan ahli ortodontik yang terampil untuk memasangnya, dan tidak setiap ahli ortodontik tahu bagaimana melakukannya. Behel gigi lingual tidak akan bekerja dengan baik pada gigi yang kecil dan acap kali menghalangi lidah, ini berpotensi menyebabkan masalah pada saat anda bicara dan luka, jadi anda harus belajar dan berlatih berbicara ketika memilih untuk menggunakan behel jenis ini.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan