Berbagai Jenis Minuman yang Baik untuk Kesehatan

Globalestetik.com – Air putih merupakan minuman yang sangat baik untuk dikonsumsi dan tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain air putih, masih banyak jenis minuman yang juga dapat menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh menjadi segar. Saat ini, produk minuman kesehatan banyak beredar di pasaran yang mengklaim dapat menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan terlalu sering meminum minuman berenergi karena jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan membahayakan tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengkonsumsi minuman kesehatan yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tentunya akan menjaga tubuh tetap sehat. Berikut berbagai jenis minuman kesehatan yang terbuat dari bahan alami.

Jus Tomat

Selain dapat dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan sambal, tomat juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Tomat mengandung berbagai jenis nutrisi seperti vitamin A, C, K, folat, serat, potasium, dan kandungan air serta mengandung kalori yang rendah sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan berbagai nutrisi lain yang terdapat pada tomat mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda yang mengkonsumsi jus tomat akan merasa lebih segar dan sehat. Selain itu, mengkonsumsi jus tomat secara rutin dapat menurunkan resiko terkena penyakit paru-paru, usus besar, kanker serviks, hingga kanker perut. Hal ini disebabkan karena tomat mengandung Antioksidan Lycopene.

Air Kelapa

Pohon kelapa merupakan tanaman yang memiliki sejuta manfaat, sebab akar hingga buahnya dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Bukan hanya itu saja, air kelapa juga diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Air kelapa mengandung kalsium, kalium, fosfor, klorida, dan natrium. Selain itu, kandungan gula dan elektrolit pada air kelapa dapat menyegarkan tubuh secara alami.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan, fluoride, polifeno, dan flavonoid yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Teh hijau sendiri berasal dari daun tanaman Camelia Sinensis. Berbeda dengan jenis teh hitam, teh hijau hanya dikukus sehingga kandungan katekin tidak hilang. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi sehingga kandungan senyawa antioksidan menjadi hilang.

Antioksidan yang terdapat pada teh hijau tersebut dapat mengatasi diabetes tipe II, karena sekresi enzim yang dikenal dengan alpha-glucosidase terhambat oleh antioksidan dari teh hijau. Selain itu, antioksidan tersebut juga dapat menyehatkan kulit

Jahe

Minuman yang berbahan dasar jahe dapat menyegarkan dan menghangatkan tubuh. Jahe merupakan jenis tanaman herbal yang mudah ditemukan di Indonesia dan sudah digunakan sejak lama dalam pembuatan minuman herbal seperti jamu.

Sebagai tanaman herbal, jahe mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan tersebut antara lain zat fitokimia yang merupakan satu-satunya zat yang dapat menjadi analgesik, anti inflamasi, dan anti bakteri. Selain itu, jahe juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin B5, vitamin B6, shaogol, chineol, dan farnesene. Mengkonsumsi minuman yang berbahan dasar jahe dapat mengatasi berbagai penyakit di antaranya flu, masuk angin, keseleo, mabuk kendaraan, migrain, hingga melancarkan ASI.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan