Berbagai Bahaya Tidur Berlebihan

Global Estetik – Tidur yang cukup memang sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Bagi orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 6 hingga 8 jam setiap hari. Namun seseorang yang memiliki waktu tidur kurang dari waktu yang sudah dianjurkan akan berdampak bagi kesehatannya. Begitu pula dengan seseorang yang terlalu banyak tidur. Berikut ini dampak yang akan dirasakan oleh seseorang yang terlalu banyak tidur.

  • Merusak Fungsi Otak

Penelitian yang dilakukan tahun 2012 terhadap wanita lanjut usia, mengungkapkan bahwa kurang tidur maupun terlalu banyak tidur akan berdampak buruk pada kesehatan dan memperburuk fungsi otak dalam kurun waktu 6 tahun. Selain itu, otak akan mengalami penuaan 7 tahun lebih cepat bagi seseorang dengan waktu tidur yang berlebihan maupun seseorang yang kurang tidur. Hal ini umumnya sangat berisiko dialami oleh pelajar dan mahasiswa.

  • Memiliki Risiko Depresi Lebih Tinggi

Selain memengaruhi fungsi otak, seseorang dengan waktu tidur di atas 9 jam perhari memiliki risiko mengalami depresi yang lebih tinggi dibanding dengan seseorang dengan waktu tidur yang cukup. Penelitian yang dilakukan terhadap orang dewasa kembar pada tahun 2014, menunjukkan bahwa partisipan dengan waktu tidur 7 hingga 9 jam per hari memiliki risiko sebesar 27 persen mengalami gejala depresif. Sedangkan bagi partisipan dengan waktu tidur lebih dari 9 jam memiliki risiko untuk mengalami gejala depresif yang lebih tinggi yaitu sebesar 49 persen.

  • Masalah pada Jantung

Sebuah penelitian yang disampaikan dalam pertemuan American College of Cardiology pada tahun 2012 menjelaskan bahwa seseorang yang kebanyakan tidur memiliki risiko sebesar dua kali lipat terkena Angina Pektoris, yaitu nyeri dada atau rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah yang menuju jantung. Selain itu, seseorang dengan waktu tidur yang berlebihan juga memiliki risiko 1,1 kali lebih besar mengalami penyakit arteri koroner.

  • Stroke

Selain meningkatkan risiko mengalami masalah pada jantung, seseorang yang tidur lebih dari 8 jam sehari juga akan memiliki risiko mengalami stroke lebih besar yaitu sekitar 14 persen. Bukan hanya itu saja, bagi mereka yang memiliki waktu tidur berlebih dan juga menderita hipertensi akan 3 kali lebih besar mengalami stroke.

Betapa banyak kerugian yang akan dirasakan oleh seseorang yang memiliki waktu tidur berlebih. Pada dasarnya, segala hal yang berlebihan memang akan menimbulkan dampak buruk, salah satunya soal tidur. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membiasakan diri tidur dalam rentan waktu yang sudah dianjurkan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan