Berbagai Akibat jika Malas Minum Air Putih

Globalestetik.com – Air merupakan komponen terbesar di dalam tubuh manusia, hampir 80 persen dari tubuh terdiri atas cairan. Selain itu, air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan sebab air berperan sebagai katalisator, pelumas, pelarut, pengatur suhu tubuh, serta penyedia elektrolit dan mineral. Asupan air putih yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya dalam keadaan normal berkisar antara 8 hingga 10 gelas per hari. Namun dari jumlah asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut, ternyata masih banyak orang yang malas untuk minum air putih sehingga asupan air yang dibutuhkan tidak mencukupi. Padahal jika malas minum air putih dan asupan air putih tidak tercukupi akan berdampak pada kesehatan. Kira-kira apa saja dampak yang akan dirasakan oleh seseorang yang malas minum air putih? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Mudah merasa lelah

Jika asupan air putih dalam tubuh tidak mencukupi, maka tubuh akan menggunakan cairan dari darah agar tubuh tetap dapat terhidrasi dengan baik. Namun penggunaan cairan dari darah akan membuat darah kesulitan untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Hal itulah yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu minum air putih 2 gelas minimal 3 jam sekali.

  • Kulit terlihat kering dan kusam

Selain mudah merasa lelah, seseorang yang kekurangan cairan akan memiliki kulit yang kering dan kusam. Kulit merupakan organ tubuh terbesar dan harus selalu terhidrasi dengan air, namun karena malas minum air putih, kulit akan mengalami dehidrasi. Sedangkan bagi seseorang yang memiliki kulit berminyak, apabila malas minum air putih akan membuat kulit menjadi terlihat lebih kusam.

  • Kinerja ginjal menjadi terganggu

Salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun yaitu melalui air urin. Namun jika malas minum air putih, produksi urin menjadi semakin sedikit. Hal ini mungkin terlihat biasa saja, akan tetapi jika dibiarkan terus menerus dapat berbahaya bagi ginjal. Selain itu, akibat yang ditimbulkan karena tubuh kesulitan membuang racun melalui urin, berbagai penyakit bersarang lebih lama di dalam tubuh. Jika tidak ingin ginjal terganggu dan cepat sembuh dari sakit, maka jangan malas untuk minum air putih.

  • Kesulitan buang air besar

Saluran pencernaan membutuhkan air sebagai pelumasnya, namun jika asupan air yang dibutuhkan tidak mencukupi, usus besar akan menyerap air dari limbah makanan yang akan dikeluarkan. Hal tersebut menyebabkan seseorang kesulitan buang air besar sebab fases yang akan dikeluarkan menjadi mengeras. Agar proses pencernaan berjalan lancar, maka biasakan minum air putih setiap sebelum tidur, bangun tidur, serta setelah makan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan