Beberapa Buah yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Global Estetik – Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh masyarakat saat i. Gangguan pada lambung tersebut akan semakin memburuk jika penyakit tersebut dibiarkan dan tanpa adanya pengobatan yang tepat. Dari berbagai macam jenis buah, ada beberapa buah yang dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi kadar asam lambung. Buah-buahan berikut ini tentunya dapat Anda konsumsi untuk dijadikan pengobatan, namun ada baiknya tidak mengonsumsi buah-buahan tersebut secara berlebihan. Berikut ini buah-buahan yang dapat mengatasi gangguan pada lambung.

  1. Pisang

Buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini ternyata memiliki khasiat bagi penderita maag kronis. Kandungan zat kalium yang ada di dalam buah pisang dapat mengatur pH lambung dengan baik sehingga kadar asam lambung tidak mengalami peningkatan. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga dapat menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stres.

  1. Mangga

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah yang memiliki rasa manis ini juga merupakan buah yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi gangguan pada lambung. Buah mangga merupakan buah yang sehat karena memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan serta anti inflamasi alami. Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga lapisan perut agar tetap dingin dan bebas dari asam.

  1. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki banyak air. Namun di samping itu, buah ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga pH lambung tetap seimbang. Hal ini disebabkan karena kandungan citrulline asam amino yang ada di dalam buah semangka yang dapat membantu tubuh dalam membuat senyawa amonia. Senyawa itulah yang dapat menjaga tingkat keasaman dal tubuh.

  1. Pepaya

Kandungan papain atau enzim propeolitik dalam buah pepaya bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Selain memiliki manfaat bagi sistem pencernaan, buah pepaya juga mengandung asam askorbat dan asam asetat yang dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pada lambung.

  1. Kelapa

Buah kelapa memiliki kandungan zat ion alami yang dapat menyeimbangkan pH lambung yang sedang naik. Bukan hanya buahnya, air kelapa juga memiliki khasiat yang dapat mencegah pembentukan asam ekstra di lambung. Oleh karena itu, mengonsumsi buah dan air kelapa sangat dianjurkan bagi penderita maag.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan