Beberapa Bahan Alami untuk Mengobati Masuk Angin

Global Estetik – Saat musim hujan tubuh memang mudah terkena penyakit jika sistem imun tubuh dalam keadaan tidak baik. Penyakit yang mudah menyerang tubuh saat musim hujan di antaranya flu, pilek, batuk, hingga masuk angin. Penyakit tersebut tidak bisa dianggap remeh begitu saja, apalagi jika Anda mengalami masuk angin, karena tidak sedikit orang yang meninggal diakibatkan oleh masuk angin.

Saat tubuh terasa panas dingin, kepala pusing, badan pegal, dan perut kembung bisa jadi hal itu merupakan gejala masuk angin. Umumnya, masyarakat Indonesia yang mengatasi masuk angin dengan cara ‘kerokan’. Cara tersebut memang dapat mengatasi masuk angin karena pori-pori kulit akan terbuka sehingga angin yang masuk ke dalam tubuh keluar. Namun cara tersebut juga memiliki kekurangan, karena pori-pori kulit yang terbuka akibat ‘kerokan’ membuat tubuh menjadi mudah terserang masuk angin.

Selain melakukan ‘kerokan’, mengatasi masuk angin juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada banyak bahan-bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai obat untuk mengatasi masuk angin. Berikut beberapa bahan alami yang dapat menyembuhkan masuk angin yang Anda alami.

Bawang putih dan bawang merah

Bukan hanya orang dewasa yang dapat mengalami masuk angin, anak-anak pun tidak luput mengalaminya. Masuk angin yang dialami oleh anak-anak dapat diatasi dengan memanfaatkan bawang merah. Hal ini dikarenakan bawang merah mampu mengeluarkan angin berlibahan yang ada di dalam tubuh, menghangatkan badan, dan melancarkan peredaran darah. Untuk mengobatinya, bawang merah dihaluskan lalu dioleskan ke bagian perut.

Berbeda halnya dengan bawang merah, bawang putih mengandung senyawa alicin yang lebih tinggi. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan dan antibiotik alami. Bagi Anda yang sudah remaja atau dewasa dapat memanfaatkan bawang putih untuk menghilangkan masuk angin tersebut yaitu dengan mengonsumsi secara langsung atau memasukkan bawang putih ke dalam masakan.

Ubi Merah

Salah satu jenis umbi-umbian ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Mengobati masuk angin merupakan salah satu khasiat dari ubi merah. Air rebusan dari ubi merah diyakini dapat mengatasi masuk angin. Dalam perebusan, masukkan juga bahan-bahan lainnya seperti jahe merah, bubuk kayu manis, merica, kapulaga, cengkeh, dan gula merah. Tunggu hingga air rebusan tersebut mendidih, lalu Anda dapat langsung meminumnya selagi hangat.

Jahe

Jahe merupakan salah satu obat tradisional yang sampai saat ini masih banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti masuk angin. Jahe dapat diolah menjadi wedang yang dapat menghangatkan tubuh dan menghilangkan masuk angin.

Untuk menghilangkan masuk angin tidak selalu harus mengonsumsi obat-obatan. Anda juga dapat menghilangkan masuk angin secara alami dengan bahan-bahan yang sudah tersedia di alam seperti yang sudah disebutkan di atas.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan