Bahaya Akibat Terlalu Lama Menggunakan Headset

Global Estetik – Kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone dengan volume yang tinggi dapat menimbulkan masalah pada pendengaran. Masalah tersebut akan dialami jika menggunakan headset selama lima jam seminggu. Kerusakan permanen pada telinga merupakan salah satu dampak yang disebabkan menggunakan headset terlalu lama dan kemungkinan besar hal itu terjadi di usia muda. World Health Organization (WHO) memperkirakan pada tahun 2015, milyaran remaja di dunia memiliko risiko yang lebih besar menderita gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh kebiasaan mendengarkan sesuatu secara tidak aman. Lalu apa saja bahaya yang disebabkan akibat menggunakan headset terlalu lama? Berikut ini adalah bahaya jika terlalu lama menggunakan headset.

  • Menyebabkan tuli sesaat

Penggunaan headset yang terlalu lama dapat menyebabkan telinga menjadi tuli sesaat. Namun apabila terlalu sering menggunakan headset dengan volume yang tinggi, hal ini akan menyebabkan pendengaran Anda mengalami tuli secara permanen. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membatasi penggunaan headset agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Kuman mudah masuk melalui telinga

Tanpa kita sadari, headset merupakan salah satu alat yang banyak terdapat kuman. Tentu saja hal ini disebabkan karena headset yang sering diletakkan di sembarang tempat, sehingga mudah terpapar oleh kuman. Dengan demikian, pemakaian headset yang terlalu lama menjadi jalan bagi kuman dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh melalui telinga. Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan pada telinga, salah satunya yaitu terjadinya peradangan di telinga.

  • Membuat telinga mendengung

Bahaya lainnya yang disebabkan oleh pemakaian headset atau earphone yang terlalu lama adalah menyebabkan telinga mendengung. Keadaan tersebut tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun ada cara yang dapat Anda lakukan ketika telinga berdengung, yaitu cukup dengan menahan napas sambil memencet hidung Anda. Setelah itu tiup dengan tetap memencet hidung dan menahan napas. Dengan begitu, telinga Anda yang terasa berdengung akan segara pulih kembali.

Itulah beberapa bahaya yang akan Anda alami jika terlalu lama menggunakan headset dengan volume yang tinggi. Mengurangi volume suara dan mengurangi lamanya waktu mendengarkan dengan headset merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kerusakan pendengaran.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan