[Bagian Pertama] 6 Jalan Menjaga Gusi yang Sehat

Global Estetik – Ketika berurusan dengan kesehatan mulut Anda, itu tidak semua tentang seberapa lurus gigi atau seberapa terang senyum anda. Anda tidak bisa melupakan gusi dalam hal in ! Bahkan jika anda bebas dari rongga dan memiliki senyum indah bak mutiara, itu tidak berarti anda kebal terhadap penyakit gusi. Karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, kebanyakan orang tidak tahu ada yang salah dengan gusi mereka.

Apa itu penyakit Gusi?

Penyakit gusi dimulai saat plak terbentuk di bawah dan di sepanjang garis gusi. Plak adalah zat seperti film lengket yang penuh bakteri. Hal ini dapat menyebabkan infeksi yang menyakiti gusi dan tulang, yang menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan gigi. Plak juga bisa menyebabkan radang gusi, tahap awal penyakit gusi. Gingivitis menyebabkan gusi anda menjadi meradang, lembut, merah, atau bengkak, dan mudah mengalami pendarahan. Untungnya, karena tulang dan jaringan yang menahan gigi di tempat tidak terkena dampak, kerusakan ini bisa reversibel.

Anda juga bisa mendapatkan periodontitis, bentuk lanjutan dari penyakit gusi, yang mempengaruhi tulang yang menahan gigi anda pada tempatnya. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa merusak gusi, tulang, dan jaringan yang terhubung ke gigi anda.

Tahap akhir dari penyakit gusi adalah periodontitis lanjut, dimana serat dan tulang yang menopang gigi anda hancur. Ini bisa berdampak pada gigitan, dan gigi mungkin perlu diangkat.

Menurut American Dental Association (ADA), tanda-tanda bahwa anda mungkin menderita penyakit gusi antara lain:

  • Rasa tidak enak secara konsisten atau saat bernafas
  • Terpisah atau kendurnya gigi permanen
  • Gusi yang mudah berdarah
  • Gusi yang bengkak, merah, atau empuk
  • Gusi yang telah menarik diri dari gigi anda

Hanya karena Anda memiliki satu atau beberapa gejala ini tidak berarti anda memiliki penyakit gusi. Dokter gigi akan membuat diagnosis formal dengan meninjau tingkat keparahan dan durasi gejala yang anda derita. Mereka juga akan mengevaluasi gigi anda dan meninjau riwayat kesehatan anda sebelumnya. Selama kunjungan anda, dokter gigi pilihan anda mungkin:

  • Mengukur gusi pasien dengan penggaris kecil untuk memeriksa kedalaman saku
  • Mengevaluasi gusi anda untuk tanda-tanda peradangan dan penumpukan plak
  • Mengambil citra sinar X dari tulang rahang yang mendasari untuk mencari bagain keropos dari tulang
  • Memeriksa gigi sensitif untuk surutnya gusi

Sebelum mencapai tahap level tersebut, ada baiknya bagi anda untuk segera melakukan langkah-langkah pencegahan yang akan kita bahas besok. Stay tune.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan