[Bagian Kedua] Trench Mouth – Mulut Parit, Kok Bisa ?

Global Estetik – Mulut Parit adalah infeksi gusi yang parah yang disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut. Ini ditandai dengan pendarahan di gusi dan bisul yang menyakitkan di gusi. Mulut anda secara alami mengandung keseimbangan bakteri, jamur, dan virus yang sehat. Namun, kebersihan gigi yang buruk dapat menyebabkan bakteri berbahaya untuk tumbuh. Gusi merah, sensitif, dan berdarah adalah gejala kondisi yang dikenal sebagai radang gusi. Trench Mouth adalah bentuk gingivitis yang berkembang dengan cepat. Berikut langkah diagnosa dan pilihan perawatan untuk masalah gigi ini.

Bagaimana Trench Mouth Didiagnosis?

Seorang dokter gigi biasanya bisa mendiagnosis mulut parit saat pemeriksaan. Dokter gigi pilihan anda dengan lembut dapat mendorong gusi anda untuk melihat betapa mudahnya mereka berdarah saat tertusuk atauoun tertekan. Mereka mungkin juga memesan citra sinar-X untuk melihat apakah infeksi telah menyebar ke tulang di bawah gusi anda.

Dokter juga mungkin memeriksa gejala lainnya, seperti demam atau kelelahan. Mereka mungkin juga mengambil darah anda untuk memeriksa kondisi lain yang mungkin tidak terdiagnosis. Infeksi HIV dan masalah kekebalan lainnya dapat mendorong pertumbuhan bakteri di mulut Anda.

Mengobati Trench Mouth

Dengan pengobatan, mulut parit biasanya bisa disembuhkan dalam hitungan minggu. Pengobatan akan mencakup penggunaan antibiotik untuk menghentikan penyebaran infeksi lebih jauh, penghilang rasa sakit, pembersihan profesional dari ahli kebersihan gigi, dan kebersihan mulut yang tepat.

Menyikat dan membersihkan gigi secara menyeluruh dua kali sehari penting untuk mengendalikan gejala mulut parit. Pembilasan air garam yang hangat dan pembilasan dengan hidrogen peroksida dapat mengurangi rasa sakit pada gusi yang meradang dan juga membantu mengangkat jaringan yang mati. Sebaiknya hindari merokok dan makanan panas atau pedas saat anda dalam masa penyembuhan gusi anda.

Hidup dengan Trench Mouth

Perawatan gigi yang teratur dan efektif sangat penting untuk mencegah mulut parit agar tidak kembali. Meski kondisinya jarang memiliki efek samping yang serius, mengabaikan gejala bisa menimbulkan komplikasi serius, seperti:

  • Kehilangan gigi
  • Penghancuran jaringan gusi
  • Kesulitan menelan
  • Penyakit mulut yang bisa merusak jaringan tulang dan gusi
  • Rasa sakit

Untuk menghindari komplikasi mulut parit, pastikan anda melakukan langkah-langkah berikut secara teratur:

  • Sikat dan bersihkan gigi dua kali sehari, terutama setelah makan (sikat gigi elektrik disarankan)
  • Hindari produk tembakau, termasuk rokok dan kunyah
  • Makan makanan sehat
  • Jaga tingkat stres anda

Mengelola rasa sakit selama proses penyembuhan juga penting. Penghilang rasa sakit over-the-counter (seperti acetaminophen dan ibuprofen) biasanya cukup untuk mengendalikan rasa sakit, tapi bicarakan dengan dokter pilihan anda sebelum menggunakannya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan