Apakah Memakai Kawat Gigi Menyebabkan Sakit ?

Global Estetik – Apakah Anda merasa cemas tentang kenyamanan anda setelah menggunakan kawat gigi? anda mungkin bertanya-tanya, “Apakah kawat gigi sakit?” Nah, Anda bisa tenang karena ketidaknyamanan yang dialami dari kawat gigi bisa ditangani. Inilah yang dapat anda harapkan selama proses berlangsung:

Selama Proses Pemasangan Kawat Gigi Berlangsung

Akan ada sedikit rasa sakit saat proses pemasangan kawat gigi sedang dipasang ke gigi anda. Mungkin dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengonsumsi makanan pada hari anda memasang kawat gigi ke gigi anda, karena anda perlu menyesuaikan diri dengan cara mengunyah yang terhalang oleh kawat gigi. Cara terbaik untuk pasien yang baru saja melewati proses pemasangan kawat gigi adalah dengan mengonsumsi makanan yang lebih lembut untuk beberapa hari pertama, seperti yogurt, sup, dan keju.

Pada saat pemasangan kawat gigi, anda juga mugkin akan merasa lelah dalam menahan mulut anda untuk senantiasa terbuka, ini menjadi satu-satunya poin tidak mengenakkan dari proses pemasangan kawat gigi.

Setelah Pemasangan [Satu Minggu Pertama]

Anda mungkin dapat merasakan perasaan tidak nyaman saat gigi anda mulai bergerak kembali ditambah lagi anda juga masih dalam proses adaptasi dengan tekanan dari kabel dan ligatur elastis jadi perasaan tidak nyaman ini merupakan sesuatu yang wajar dalam proses ini. Obat penghilang rasa sakit over-the-counter akan memberikan kelegaan dari ketidaknyamanan yang anda rasakan,  anda juga bisa mengoleskan material sejenis wax ke kawat gigi untuk mengurangi impact dari gesekan antara kawat gigi dan bagian dalam mulut anda.

Ahli ortodontis dari klinik gigi pilihan anda akan memberi anda petunjuk cara menggunakan wax saat anda melakukan konsultasi ke dokter gigi pilihan anda. Pada kebanyakan pasien, ketidaknyamanan ini biasanya akan hilang pada hari kelima setelah proses pemasangan behel gigi. Jika anda masih merasakan ketidaknyamanan berlebih setelah periode satu minggu dari proses pemasanganan, tanpa ragu segera hubungi dokter gigi pilihan anda untuk mengonsultasikan masalah anda, dokter gigi akan memeriksa kembali aplikasi behel gigi pada mulut anda dan selanjutnya mengambil tindakan terbaik bagi anda.

Setelah Pengecekan Rutin ke Dokter Gigi

Dokter gigi akan “mengencangkan” behel gigi dan menyesuaikan dengan pergerakan dan bentuk mulut anda setiap kali anda melakukan konsultasi selama penggunaan behel gigi. Anda mungkin akan merasakan ketidaknyamanan yang sama selama beberapa hari setelah pertemuan dengan dokter gigi pilihan anda. Kawat gigi bekerja dengan perlahan menggerakkan gigi anda ke arah yang benar. Penyesuaian dengan kawat gigi sangat dibutuhkan agar  gigi tetap bergerak dengan benar. Ahli ortodontik secara berkala perlu menyesuaikan archwire dan mengganti kawat elastis.

Tips dalam Mengelola Rasa Sakit selama Penggunaan Behel

Kebanyakan orang merasakan ketidaknyamanan yang terkait dengan kawat gigi  merupakan hal yang sangat tidak nyaman, namun mudah ditangani. Bila itu terjadi, hanya beberapa hari setelah aplikasi atau penyesuaian. Obat-obatan, seperti acetaminophin dan ibuprofen, dapat menghilangkan nyeri mulut dan sakit kepala yang terkait dengan adaptasi dengan penggunaan behel gigi. Kumur-kumur dengan air asin juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan dan pembengkakan.

Sangat normal bagi calon pengguna behel gigi untuk merasa cemas dengan penggunaan behel. Bingung, “Apakah kawat gigi akan mennuimbulkan sakit?”. Dokter gigi pilihan anda akan menawarkan alat dan saran untuk mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan pada hari-hari setelah pemasangan kawat gigi atau setelah proses penyesuaian behel.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan