Apa Yang Bisa Anda Lakukan Ketika Kehilangan Crown dan Filling ?

Global Estetik – Filling atau Tambalan adalah bahan yang digunakan untuk mengisi rongga di gigi.  Sementara Mahkota atau Crown gigi menutupi bagian atas gigi yang rusak. Terkadang, tambalan atau mahkota dapat jatuh dan holang. Dalam beberapa kasus, tambalan atau mahkota gigi bisa hilang karena ada pembusukan di bawahnya atau karena beratnya intensitas aktifitas seperti melakukan olahraga yang berimpact tinggi. Peluruhan ini menghancurkan bagian gigi, sehingga tidak lagi memegang erat mahkota atau tambalan di tempatnya.

Apa yang dapat anda lakukan

Tambalan atau mahkota yang hilang bukan merupakan keadaan darurat. Namun, bisa terasa menyakitkan karena jaringan gigi yang terpapar sering peka terhadap suhu, tekanan atau udara. Jika anda kehilangan mahkota gigi anda, taruh di tempat yang aman dan segera buat janji bertemu dengan dokter gigi anda sesegera mungkin.

Jangan menunggu terlalu lama. Karena apa yang tersisa dari gigi anda tidak akan sekuat mahkota gigi anda. Gigi natural anda juga bisa semakin rusak tanpa mahkota untuk melindunginya. Selain itu, ketika mahkota gigi hilang untuk waktu yang lama, gigi anda mungkin bergerak ke tempat mahkota seharusnya berada. Jika ini terjadi, mahkota anda mungkin tidak sesuai lagi.

Sebelum anda menemui dokter gigi, inilah yang dapat anda lakukan:

Oleskan sedikit minyak cengkeh ke area sensitif dengan kapas. Proses ini akan mengurangi rasa sakit. anda bisa membeli minyak cengkeh di toko obat atau di lorong rempah-rempah dari banyak supermarket.

Jika Anda masih memiliki mahkota, anda mungkin bisa memasukkannya kembali ke gigi. Sebelum Anda melakukannya, bersihkan bagian dalam mahkota. Lalu lapisi bagian dalam mahkota dengan “semen” gigi yang bisa anda beli di apotek terdekat. Jika Anda tidak dapat menemukan semen gigi, anda bisa menggunakan perekat tiruan atau bahkan petroleum jelly. Ini bukan solusi permanen, namun akan membantu menahan mahkota di tempat nya sampai anda memliki waktu untuk bisa menemui dokter gigi pilihan anda. Anda sebaiknya tidak menggunakan perekat rumah tangga apapun. Mereka tidak aman dimasukkan ke dalam mulut. Bahan perekat rumahan bisa merusak gigi dan mahkota gigi anda.

Jika anda telah kehilangan tambalan atau mahkota, anda bisa mengoleskan semen gigi langsung di permukaan gigi anda. Ini akan membantu melindungi dan menutup area tersebut sampai anda bisa menemui dokter gigi pihan anda.

Apa yang Dokter Gigi Anda Akan Lakukan

Kerusakan mungkin telah mengubah bentuk gigi anda. Biasanya, ini berarti dokter gigi anda perlu menyiapkan gigi  anda lagi untuk memastikan mahkota baru akan sesuai. Jika mahkota tidak duduk dengan pas dan aman, maka ia nantinya akan dapat terlepas lagi.

Jika anda kehilangan tambalan dari gigi anda, dokter gigi akan menghapus pembusukan yang terbentuk antara material tambalan lama dan gigi, serta menempatkan tambalan baru.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan