Apa Itu TMJ ? – After Effect dari Treatment dan Pencegahan TMJ

Global Estetik – Pengobatan non-invasif untuk TMJ hanya memiliki sedikit efek samping sementara atau jangka panjang. Mouth guard, splints oral, dan night guard terkadang dapat mengganggu jaringan lunak dan lidah, namun kebanyakan pasien menyesuaikan diri dengan perangkat ortodontik mereka dengan sangat cepat. Pasien yang mengalami ketidaknyamanan jenis ini harus memberi tahu dokter gigi mereka, yang seringkali bisa melakukan penyesuaian terhadap perangkat ini. Selain itu, mungkin perlu beberapa minggu bagi pasien untuk belajar berbicara dengan jelas dengan oral splint mereka. Pengobatan neuromuskular juga memiliki sedikit efek samping sementara atau jangka panjang, walaupun stimulasi saraf elektrik transkutan terkadang dapat menyebabkan iritasi kulit dan nyeri otot.

Perawatan yang menggunakan bahan injectable dapat memiliki efek samping sementara tambahan, seperti:

  1. Peradangan
  2. Pembengkakan
  3. Ketidaknyamanan saat melihat suntikan
  4. Kemerahan
  5. Memar
  6. Mati rasa

Untungnya, efek samping ini biasanya hilang dalam beberapa hari, dan sedikit menimbulkan bahaya bagi kesehatan secara keseluruhan bagi pasien penderita TMJ.

After Effect Treatment Ortodontik

Pengobatan ortodontik telah digunakan dengan sukses besar selama bertahun-tahun, meskipun ada beberapa efek samping yang umum dan sebagian besar sangat ringan. Mereka termasuk:

  1. Ketidaknyamanan pada gigi: Karena kawat gigi dan retainer meluruskan gigi dengan menggunakan tekanan lembut, pasien mungkin perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan mulut mereka, terutama setelah kunjunbgan ke klinik dokter gigi atau mengencangkan kawat gigi mereka.
  2. Iritasi jaringan: Kawat gigi dan kabel logam terkadang bisa menyumbat jaringan mulut yang lembut, terutama di bibir dan di dalam pipi.
  3. Peluruhan gigi dan perubahan warna: Perangkat ortodontik, terutama kawat gigi yang tidak dapat dilepas, dapat menjebak potongan makanan dan bakteri. Sangat penting bagi pasien TMJ untuk sangat teliti dalam kebersihan gigi mereka, menggunakan obat kumur antibakteri dan benang floss yang dirancang khusus, jika diperlukan.
Prognosis TMJ Disorder

Prognosis sindroma TMJ umumnya baik. Ada banyak penyebab sindroma TMJ, jadi pandangannya tergantung pada penyebabnya, jika diketahui. Kebanyakan orang dapat mengatasi ketidaknyamanan dengan perawatan diri dan pengobatan di rumah. Komplikasi sindrom TMJ jangka panjang meliputi nyeri wajah kronis atau sakit kepala kronis. Pada situasi yang parah, di mana rasa sakit kronis, atau terkait dengan gangguan peradangan lainnya, pengobatan jangka panjang mungkin diperlukan.

Mencegah TMJ

Gejala TMJ cenderung bersifat episodik dan berhubungan dengan stres dan gaya hidup. Pencegahan gejala TMJ seringkali bisa diraih dengan menggunakan self care di rumah, seperti :

  1. Makan makanan lunak;
  2. Menghindari permen karet;
  3. Menjaga postur tubuh yang benar;
  4. Mempraktekkan pengurangan stres dan teknik relaksasi;
  5. Menggunakan peralatan belat gigi seperti yang direkomendasikan oleh profesional perawatan gigi dan mulut;
  6. Menggunakan peralatan keselamatan yang tepat untuk mencegah patah tulang rahang dan dislokasi saat berolahraga, bekerja, atau berpartisipasi dalam olahraga.

 

Bagikan Ke Teman:
Tags:
Share:

Tinggalkan Balasan