Apa itu Scaling Gigi ?

Global Estetik – Scaling gigi adalah prosedur yang secara rutin dilakukan untuk membantu penderita penyakit gusi dan mencegah penumpukan plak yang berlebihan. Pembersihan standar yang anda lakukan setiap hari akan mengatasi masalah pada permukaan gigi sementara proses scaling dapat membantu jauh lebih dalam. Jika dokter pilihan gigi anda menyarankan scaling gigi dan root planing untuk gigi anda, ada baiknya untuk mengetahui sedikit banyak mengenai proses scaling agar anda dapat mempersiapkan diri untuk prosedur ini.

Scaling gigi adalah prosedur umum untuk pasien dengan penyakit gusi dan penumpukan plak pada gigi. Ini adalah jenis pembersihan gigi yang menyentuh hingga batas garis gusi untuk menghilangkan penumpukan plak. Proses scaling gigi dan root planing sering disebut sebagai deep cleaning atau pembersihan mendalam. Perawatan ini melampaui batas pembersihan umum yang anda terima ketika menjalani pemeriksaan rutin dan kunjungan tahunan.

Proses scalling dan root planing dibutuhkan karena setiap kita pernah mengalami penumpukan plak. Air liur, bakteri, dan protein di mulut anda membentuk lapisan tipis yang menutupi gigi anda hampir setiap saat. Ketika anda makan, partikel kecil, asam, dan gula dari makanan menempel pada lapisan ini dan menciptakan penumpukan pada gigi yang dikenal sebagai plak. Bakteri yang hidup di plak ini bisa menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan pada gigi. Menyikat gigi membersihkan gigi secara teratur akan membantu menghilangkan plak dan mencegah masalah yang lebih serius.

Scaling gigi dimulai dengan penghapusan bakteri plak secara hati-hati dari permukaan gigi tepat di bawah garis batas gusi. Ada dua metode dasar untuk proses scalling. Jika dokter gigi Anda menggunakan alat standar, dia akan mengikis plak dari gigi dengan menggunakan alat logam yang dikenal sebagai scaler gigi dan kuret. Dokter gigi akan memasukkan alat tipis ini ke bawah garis gusi untuk mengakses plak yang tidak bisa dijangkau sikat gigi Anda.

Bagis sebagian orang, proses ini sangatlah tidak nyaman terutama jika anda memiliki gusi yangs sensitif. Dokter gigi pilihan anda mungkin akan menawarkan anestesi lokal untuk mematikan jaringan gusi dan membuat prosedur lebih nyaman bagi anda. Konsultasikan kepada dokter gigi  tentang pilihan anda untuk mengurangi sensitivitas area yang perlu dibersihkan jika anda khawatir dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan selama proses berlangsung.

Setelah selesai melakukan proses scalling gigi mulut anda mungkin akan terasa sakit dan pegal. Beberapa pasien mengalami pembengkakan atau pendarahan selama beberapa hari setelah prosedur dilakukan. Dokter gigi anda mungkin akan menyarankan pasta gigi yang tidak sensitif untuk membantu meringankan ketidaknyamanan ini. Anda juga mungkin akan mendapatkan obat kumur resep untuk digunakan setelah prosedur, untuk membantu menjaga kebersihan gusi. Sangat penting untuk mengikuti prosedur menyikat gigi dan flossing yang benar setelah scalling gigi guna menghentikan plak agar tidak terbentuk kembali di area yang sama.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan