Apa itu Elektrolit dan Kenapa Kita Membutuhkannya

GLOBAL ESTETIK – Sering kita mendengar bahwa tubuh kita membutuhkan elektrolit setelah melakukan olahraga berat maupun berpuasa, elektrolit dapat kita nikmati baik dalam bentuk produk-produk  minuman yang beredar di pasaran atau dengan tegukan minuman air kelapa yang merupakan sumber elektrolit alami. Namun, pernahkah terlintas di benak kita untuk mempertanyakan apa itu elektrolit dan mengapa tubuh kita membutuhkannya.

Apa itu Elektrolit ?

Elektrolit adalah zat yang terurai dalam bentuk ion-ion yang dapat bermuatan positif maupun negatif. American Chemical Society menjelaskan secara singkat tentang rahasia dibalik garam-garam penting ini, yap elektrolit ialah senyawa serupa garam. Berdasarkan laporan dari American Chemical Society, ketika senyawa-senyawa elektrolit yang biasanya terdiri dari kalsium, potassium, magnesium dan garam ini memasuki tubuh kita, mereka akan larut dan berubah menjadi ion-ion positif dan negatif. Kedua ion ini berguna untuk meregulasi sirkulasi air di dalam tubuh kita dan menjaga saraf-saraf di dalam tubuh

Apa Fungsi Elektrolit ?

Fungsi elektrolit yang ketika masuk ke dalam tubuh kita menjadi ion-ion dengan muatan positif dan negatif mempunya fungsi yang fundamental untuk menjaga tubuh kita. Elektrolit menjaga sirkulasi air yang masuk ke dalam setiap sel di dalam tubuh kita, tanpa elektrolit sel-sel di dalam tubuh kita akan mengerut dan mati. Elektrolit juga menjaga fungsi saraf dalam tubuh kita sehingga tubuh kita dapat bekerja dengan sempurna – jantung berdetak dan sistem pernafasan serta kemampuan otak kita untuk mengkonsumsi informasi. Kekurangan elektrolit dapat menyebabkan tekanan darah yang tidak stabil, permasalahan dalam sistem pernafasan dan beberapa penyakit mematikan lainnya.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi elektrolit. Apabila kamu bukan atlit profesional lebih baik memilih untuk mengkonsumsi air guna menggantikan elektrolit yang keluar setelah kamu berolahraga, ini dikarenakan kemungkinan besar kadar elektrolit yang kita butuhkan sudah tercukupi dengan pilihan-pilihan makanan yang dikonsumsi untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Hal lain yang perlu diperhatikan juga kadar gula yang tinggi dari minuman kemasan yang mempromosikan elektrolit didalam kandungannya. Saran terpenting dari kami, minumlah air putih yang cukup dan kalaupun tubuh kamu memerlukan elektrolit pilihlah sumber elektrolit alami.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan