Aneka Jus yang Dapat Mengatasi Asam Urat

Globalestetik.com – Asam urat merupakan gangguan fisik yang terjadi akibat kadar asam urat dalam tubuh meningkat terlalu tinggi. Kemudian asam urat tersebut membentuk kristal dan terakumulasi di sekitar lapisan sendi sehingga menimbulkan rasa sakit. Asam urat yang tidak segera diobatai akan menyebabkan kelumpuhan. Bukan hanya itu saja, lambat laun asam urat akan memengaruhi sistem gerak tubuh bagi penderitanya.

Selain melakukan pengobatan di rumah sakit, Anda yang saat ini mengalami asam urat dapat mencoba alternatif lainnya, yakni dengan mengonsumsi jus buah. Penasaran buah apa saja yang dapat dijadikan sebagai jus untuk mengatasi asam urat, berikut di bawah ini penjelasannya.

  1. Jus Buah Bit

Untuk membuat jus yang terbuat dari buah bit ini cukup mudah. Selain buah bit, Anda dapat pula mencampurkannya dengan satu buah mentimun, dan satu buah wortel. Jika ketiga bahan tersebut sudah tersedia, selanjutnya bersihkan buah bit, mentimun, dan wortel. Setelah itu potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender dan lumat sampai benar-benar halus. Untuk hasil yang maksimal, minum campuran jus buah bit, mentimun, dan wortel pada waktu pagi hari.

  1. Jus Markisa Kuning

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jus buah markisa di antaranya 150 gram markisa, 60 gram kol, 150 gram belimbing, 60 ml air es, 3 potong es batu, 1 sdm madu, ½ cm kunyit, dan 1 sdm perasan air jeruk nipis. Setelah bahan-bahan tersebut telah disiapkan, masukkan markisa, belimbing, dan kol yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam blender. Kemudian masukkan pula es batu, kunyit, air es, air jeruk nipis, dan madu. Setelah diblender, saring jus tersebut. Tuang jus ke dalam gelas, dan Anda dapat langsung meminumnya.

  1. Jus Anggur Jeruk Pir

Buah anggur, jeruk, dan pir merupakan buah yang digemari banyak orang. Namun selain dapat dikonsumsi secara langsung dan kaya akan nutrisi, ketiga buah tersebut dapat disajikan dalam bentuk jus yang dapat mengatasi asam urat. Anggur, jeruk, dan pir yang dibutuhkan masing-masing sebanyak 100 gram anggur, 75 gram jeruk, dan 75 gram pir, serta ¾ gelas air putih. Cara membuatnya, masukkan semua bahan yang sudah dicuci ke dalam blender, tunggu hingga halus. Setelah siap, tuangkan jus tersebut ke dalam gelas.

Itulah beberapa olahan jus yang dapat diminum bagi penderita asam urat. Selain mengonsumsi jus buah, penderita asam urat juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih dan perbanyak mengonsumsi karbohidrta kompleks, seperti singkong, nasi, ubi, dan roti.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan