All About Mahkota Gigi – Pengertian dan Kandidat Pasien

Global Estetik – Jika satu atau beberapa gigi telah dipengaruhi oleh kerusakan, retak, atau terkena dampak bentuk kerusakan lainnya, mahkota gigi bisa memberikan solusi ideal. Mahkota menawarkan manfaat kesehatan kosmetik dan oral, memperkuat struktur gigi sembari membantu membuat senyuman terlihat utuh dan alami kembali. Mahkota biasanya dibuat khusus untuk berbaur mulus dengan senyum unik masing-masing pasien. Mereka dibuat dengan hati-hati untuk melengkapi gigi alami sekitarnya dengan pertimbangan pada segi warna, ukuran, bentuk, dan tekstur dan untuk mengembalikan integritas pada gigitan serta senyum pasien.

Mahkota gigi adalah “caps” berbentuk gigi yang ditempatkan di atas gigi – untuk menutupi gigi guna mengembalikan bentuk dan ukurannya, kekuatannya, dan memperbaiki penampilannya. Mahkota, saat disemenkan ke tempatnya, melengkapi sepenuhnya keseluruhan bagian gigi yang terletak di atas garis gusi.

Kandidat Pasien

Mahkota gigi dapat memberikan peningkatan kosmetik yang signifikan pada senyuman anda, mereka juga dapat memberikan kekuatan dan perlindungan untuk gigi yang rusak atau lemah. Dokter gigi pilihan anda mungkin merekomendasikan mahkota gigi jika:

  • Gigi telah sangat berubah warna dan tidak mungkin merespons dengan baik pada pemutihan gigi profesional
  • Gigi cacat bentuk atau tidak proporsional
  • Gigi retak atau patah
  • Gigi yang membutuhkan dukungan dan kekuatan tambahan
  • Gigi yang berada dalam keadaan rusak ringan atau rusak parah
  • Pasien tidak bisa mengunyah makanan dengan nyaman
  • Gigitan pasien tidak sejajar dengan benar
  • Permukaan mengunyah gigi aus yang disebabkan oleh bruxism (penggilingan gigi)
  • Kerusakan pada gigi terlalu luas untuk mendukung fillings, inlay, atau onlay
  • Pasien baru saja menjalani terapi saluran akar (root canal) dan perlu melindungi struktur gigi yang tersisa
  • Pasien mengganti gigi yang hilang dengan implan gigi

Kandidat pasien pemasangan mahkota gigi yang sesuai juga harus memiliki gusi yang sehat, karena restorasi akan bekerja bersamaan dengan porsi sehat gigi atau implan gigi yang tersisa untuk memberikan dukungan pada mahkota.

Cara Kerja Mahkota Gigi

Mahkota digunakan untuk menutupi gigi yang rusak. Selain memperkuat gigi yang rusak, mahkota bisa digunakan untuk memperbaiki penampilan, bentuk atau kesejajarannya. Mahkota juga dapat ditempatkan di atas implan untuk menyediakan bentuk dan struktur fungsi seperti gigi asli. Mahkota porselen atau keramik bisa disesuaikan dengan warna gigi alami anda. Bahan lainnya meliputi paduan emas dan logam, akrilik dan keramik. Paduan ini umumnya lebih kuat dari porselen dan mungkin direkomendasikan untuk gigi pada bagian belakang. Porcelain yang terikat pada cangkang logam sering digunakan karena kuat dan kelihatan menarik.

Konsep mahkota gigi yang bertugas untuk menutupi gigi yang rusak atau memulihkan implan gigi cukup sederhana, namun variabel yang terlibat dalam proses membuatnya menjadikan ini pengalaman unik untuk setiap pasien, dan tidak ada dua label harga yang sama. Persiapan yang dibutuhkan, jumlah mahkota gigi yang dibutuhkan, bahan yang digunakan untuk membuat mahkota, dan faktor lainnya dapat menyebabkan harga yang bervariasi dari pasien ke pasien.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan