All About Mahkota Gigi – Menyiapkan Gigi untuk Prosedur Pemasangan Mahkota

Global Estetik – Pada saat perawatan pertama, dokter gigi akan merawat semua kondisi gigi yang dapat menjadi masalah saat pemasangan mahkota. Ini termasuk mengangkat area gigi yang membusuk, melakukan terapi saluran akar, atau keduanya. Setelah bagian yang rusak dari gigi anda telah diobati dan diangkat, dokter gigi pihan anda akan membentuk lebih lanjut permukaan dan sisi gigi anda sehingga bisa menampung mahkota gigi. Jika dokter gigi tidak menurunkan sedikit gigi anda, mahkota tidak akan sesuai dengan gigi natural anda yang lain dan tidak menyentuh gigi anda dengan benar. Jika pasien mengalami pembusukan yang ekstrem atau gigi yang retak, dokter gigi juga dapat menempatkan agen pengisian atau pengikat gigi untuk menahannya dan membangunnya sedemikian rupa sehingga nantinya ia dapat meletakkan mahkota di atasnya dengan baik. Proses pembentukan biasanya dilakukan dengan anestesi lokal, walaupun anda mungkin juga meminta sedasi jika diperlukan.

Selanjutnya, dokter gigi pilihan anda akan mengambil kesan gigi anda. Ini adalah cetakan yang diambil menggunakan peralatan digital atau dikirim ke laboratorium untuk membuat mahkota yang sesuai dengan gigi anda. Ada dua cara untuk mengambil kesan dental. Yang paling konvensional dan umum adalah dengan PVS, sejenis dempul seperti tanah liat. Jika dokter gigi anda menggunakan PVS, dia akan meminta Anda untuk  menggigit material tersebut selama beberapa menit. Namun, dokter gigi mungkin juga bisa mendapat kesan menggunakan pemindai intraoral digital, perangkat togkat kecil yang menggunakan panjang gelombang untuk membuat model 3D dari mulut anda. Dalam kedua kasus, kesan ini akan memandu penciptaan mahkota.

Kemudian, dokter gigi akan menempatkan mahkota sementara, biasanya terbuat dari komposit atau stainless steel, sehingga gigi anda terlindungi dan lebih menyenangkan secara estetis sembari anda menunggu mahkota permanen dibuat. Mahkota sementara juga dapat memberi gambaran umum tentang bagaimana pemulihan permanen dapat terlihat dan terasa, jadi pasien harus melaporkan komentar atau kekhawatiran tentang penggunaan mahkota anda ke dokter gigi. Dokter gigi anda akan menutup gigi dengan mahkota menggunakan perekat khusus yang relatif lemah sehingga mudah dilepas. Ini berarti pasien harus sangat berhati-hati dengan kebiasaan gigi saat mengenakan mahkota sementara.

Menjaga Mahkota Sementara

Pasien harus sadar bahwa merawat restorasi sementara sangat krusial untuk memastikannya tetap terpasang dan melindungi gigi anda. Anda harus memperhatikan apa yang anda makan dan melakukan tindakan pencegahan lainnya saat mengenakan mahkota gigi sementara mereka, termasuk:

  • Hindari mengonsumsi makanan lengket dan kenyal seperti permen karet.
  • Hindari makan keras, renyah, atau sulit dikunyah makanan seperti permen keras, sayuran mentah, atau dendeng. Makanan ini bisa menyebabkan mahkota bergerak keluar dari tempatnya.
  • Gunakan gigi di sisi lain mulut anda saat mengunyah makanan.
  • Berhati-hatilah ketika flossing agar anda tidak melepas mahkota sementara. Saat flossing gigi Anda, floss ke bawah, lalu geser floss keluar sisi gigi. Menarik benang dalam gerakan ke atas bisa menarik mahkota dari gigi.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan