All About Mahkota Gigi – Material Dental Crown

Global Estetik – Pasien kini memiliki banyak pilihan dalam hal jenis mahkota gigi; mereka bisa terdiri dari keramik, resin, porselin, porselen-fusi-ke-logam, semua bahan logam, dan banyak lagi. Mahkota yang tepat untuk anda tergantung pada anggaran, kebutuhan medis, dan keinginan kosmetik anda.

Mahkota Logam

Mahkota logam adalah pilihan ideal bagi gigi yang kurang terlihat, karena warna emasnya membuat mereka lebih terlihat dari pada mahkota mahkota lainnya. Terlepas dari kerugian estetika mereka, mahkota logam sangat tahan lama, memerlukan sedikit pengangkatan struktur gigi alami daripada jenis mahkota lainnya, dan tahan terhadap pemakaian sehari-hari yang disebabkan oleh pengunyahan dan penggilingan. Mahkota jenis ini sering ditempatkan di gigi belakang atau pada pasien yang mencari alternatif mahkota mahkota gigi yang lebih murah.

Porcelain-fused-to-Metal

Mahkota porselin-fusi-ke-logam lebih kuat dari pada semua mahkota keramik dan porselen. Mahkota ini menawarkan hasil kosmetik yang lebih baik daripada mahkota logam, tapi tidak terlihat alami seperti mahkota berwarna gigi. Garis logam akan terlihat di sepanjang garis gusi dan kehadiran logam memberi mahkota penampakan buram namun bukan tembus pandang.

All Porcelain

Semua mahkota porselen secara luas dianggap paling estetis. Materi ini memudahkan dokter gigi membuat mahkota yang sesuai dengan warna gigi disekitarnya. Namun, mahkota porselen memang memiliki beberapa kekurangannya. Ketebalannya membutuhkan dokter gigi untuk menghilangkan lebih banyak gigi alami pasien dan sulit bagi dokter gigi untuk mencapai kesesuaian yang baik di sepanjang garis gusi.

All Ceramics

Mahkota keramik terbuat dari bahan tembus pandang berwarna yang dirancang untuk berbaur dengan gigi di sekitarnya. Mahkota keramik merupakan pilihan yang sangat baik bagi pasien yang menginginkan tampilan alami atau alergi terhadap logam. Kerugian dari mahkota keramik adalah bahwa mereka tidak tahan lama seperti mahkota logam, terutama pada gigi belakang, yang harus menahan lebih banyak kekuatan dari menggigit dan mengunyah.

All Resin

Mahkota yang terbuat dari bahan komposit all resin adalah tipe mahkota mahkota gigi yang paling terjangkau, namun mereka cenderung untuk gampang patah dan cepat mendapat keausan.

Stainless Steel

Jenis mahkota ini biasanya digunakan sebagai mahkota sementara sebelum restorasi permanen dilakukan, atau digunakan untuk memperbaiki gigi anak. Mahkota ini dibuat sebelumnya, sehingga bisa ditempatkan dalam satu janji pertemuan dengan dokter gigi. Seperti mahkota logam, mahkota jenis ini tidak memiliki penampilan yang estetika yang menarik, tapi mereka sangat tahan lama.

Solid Zirconia

Mahkota gigi yang terbuat dari zirkonium meniru penampilan dan tekstur gigi alami, dan dapat bertahan dari chip atau fraktur yang dapat mudah terjadi pada mahkota jenis porselen atau mahkota keramik. Banyak mesin fabrikasi digital bisa menciptakan mahkota ini dalam satu hari. Mereka sering disebut “biokompatibel” karena jenis mahkota zirconia berintegrasi dengan baik dengan gusi dan gigi lainnya serta berfungsi seperti gigi alami.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan