9 Alasan Dibalik Munculnya Sakit Gigi [Bagian Pertama]

Global Estetik – Sakit gigi adalah satu dari rasa sakit yang sangat  membuat orang merasa sengsara. Rasa sakit yang menahun yang datang dari bagian mulut memiliki beberapa alasan dibaliknya. Mengetahui masalah dibalik kesehatan gigi akan menjadi modal awal yang baik bagi kesehatan gigi dan mulut.  Berikut 10 Alasan dibalik munculnya rasa sakit pada gigi dan mulut.

1. Kerusakan pada Gigi

Alasan paling umum untuk sakit gigi yang menyakitkan adalah kerusakan gigi . Tentu, itu mungkin bukan hal yang baru dan mengasyikkan, tapi alasan ini adalah hal yang sering terjadi dan dapat mempengaruhi kita semua. Apabila gigi dan bagian disekitarnya terasa sakit maka kerusakan pada gigi ini cukup signifikan hingga mencapai lapisan dalam gigi yang disebut dentin. Begitu dentin menjadi rusak, gigi menjadi sangat sensitif dan berlubang atau dapat juga disebabkan oleh karang gigi yang telah menahun

Jika rasa sakit menjadi rasa sakit yang tajam, kerusakan gigi mungkin telah mencapai pusat gigi. Hal ini mengakibatkan rasa sakit yang sangat intens sehingga sulit dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Isu-isu ini perlu ditangani sesegera mungkin karena tidak hanya menyakitkan namun dapat menyebabkan masalah gigi yang lebih besar.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini yang dijelaskan di atas segera hubungi dokter gigi pihan anda hari ini. Pemeriksaan sederhana bisa menentukan apa yang sedang terjadi pada gigi anda, dan semakin cepat anda melakukannya maka hasilnya akan lebih baik. Menunda akan membuat masalah sederhana tumbuh menjadi lebih besar.

Jadi jangan tunda dan jangan takut! Jika pergi ke dokter gigi membuat Anda cemas, tanyakan tentang obat penenang. Ada beberapa variasi yang tersedia, dan sangat normal untuk menjadi gugup (beberapa penelitian mengatakan bahwa 80% orang menderita rasa takut gigi takut pergi ke dokter).

2. Abses Gigi

Ketika kerusakan gigi berlanjut sampai pada titik yang mempengaruhi akar di bawah gigi, ada kemungkinan bahwa akar dan jaringan sekitarnya telah terinfeksi. Hal ini akan mengakibatkan nyeri berdenyut yang meluas yang mungkin membuat sulit untuk menentukan mana gigi yang menjadi penyebab rasa sakit. Ini adalah masalah yang sangat serius dan perlu ditangani secara profesional sesegera mungkin karena bisa mengakibatkan kehilangan tulang dan kerusakan jaringan.

3. Penyakit Gusi

Penyakit gusi ditandai dengan nyeri pada mulut dan gusi berwana merah kusam, berdarah, dan terkadang juga sakit gigi. Penyebab umum dari hal ini adalah tulang oral dan gusi yang meradang. Jika tidak diobati, gigi, gusi, dan tulang bisa rusak dan tindakan bedah mungkin harus dilakukan untuk membersihkan infeksi mulut.

4. Menyikat Gigi dan Flossing yang Tidak Tepat

Sangat sering kita tidak memperhatikan tekanan yang kita gunakan saat menyikat dan membersihkan gigi dan akhirnya menekan terlalu keras. Hal ini menyebabkan gusi yang teriritasi, meradang, dan berdarah. Jika tekanan ekstrem seperti ini terus-menerus digunakan, hal ini bisa menyebabkan gusi surut dan bisa membuat gigi tidak stabil, sehingga menimbulkan rasa sakit. Konsultasikan dengan dokter gigi pilihan anda tentang teknik menyikat yang tepat dan pastikan hanya menggunakan sikat gigi berbulu halus.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan