5 Tipe Prosedur Kosmetik dalam Kedokteran Gigi

Global Estetik – Kedokteran gigi kosmetik adalah metode perawatan gigi dan mulut profesional yang berfokus pada peningkatan penampilan mulut, gigi dan senyuman anda. Dan meski prosedur kedokteran kosmetik gigi biasanya pilihan, dan bukan penting, beberapa kasus pengobatan juga memberikan banyak manfaat restoratif.

Prosedur yang paling umum digunakan dalam kedokteran gigi kosmetik cukup sederhana, sedangkan yang lain lebih kompleks dan memerlukan perawatan khusus.

Inlays dan Onlays

Prosedur ini juga dikenal sebagai tambalan tidak langsung, yang dibuat oleh laboratorium gigi, dan mereka digunakan saat gigi mengalami kerusakan ringan sampai sedang atau tidak ada struktur gigi yang cukup untuk mendukung pengisian atau fillings. Asalkan tidak ada kerusakan pada puncak gigi, menurut Choice One Dental Care, inlay diletakkan langsung ke permukaan gigi. Bila titik puncak atau bagian gigi yang lebih besar rusak, onlay akan digunakan sebagai pengganti penutup seluruh gigi.

Inlays dan onlay dibuat di laboratorium gigi dari bahan resin komposit dan menempel pada gigi dengan bantuan semen gigi. Mereka memberikan dukungan untuk memperkuat gigi, mengembalikan bentuk semula dari gigi dan menghindarkan gigi dari pembusukan atau kerusakan lebih lanjut.

Ikatan komposit (Composite Bonding)

Ikatan komposit mengacu pada perbaikan gigi yang rusak atau berubah warna menggunakan bahan yang menyerupai warna enamel gigi. Dokter gigi anda akan melakukan drilling pada gigi yang rusak dan menerapkan bahan komposit ke permukaan gigi, lalu “memahat” ke bentuk yang sempurna sebelum menyelesaikannya dengan cahaya intensitas tinggi. Prosedur yang juga disebut sebagai “ikatan” ini secara efektif meng-cover kerusakan pada gigi dan memberi tampilan gigi sehat di tempatnya. Bonding adalah salah satu prosedur kedokteran gigi kosmetik yang paling murah yang tersedia untuk pasien dengan kerusakan gigi, gigi pecah atau retak dan tepi yang telah aus.

Veneers gigi

Biasanya diproduksi dari keramik yang telah di desain untuk keperluan medis, veneer gigi dibuat secara terpisah untuk setiap pasien dan akan menyerupai gigi alami seseorang. Mereka terlihat sangat realistis dan bisa mengatasi berbagai masalah kosmetik, mulai dari gigi yang bengkok, hingga enamel yang retak atau rusak sampai celah nyata antara dua gigi. Dokter gigi akan menerapkan veneer ke depan setiap gigi dengan menggunakan perekat gigi.

Pemutihan gigi (Whitening) 

Salah satu prosedur kedokteran gigi kosmetik yang paling dasar, pemutihan gigi dapat dilakukan di klinik dokter gigi pilihan anda. Pemutihan bisa dilakukan setelah plak, tartar dan kotoran lainnya dibersihkan dari permukaan setiap gigi, mengembalikan penampilan alami mereka. Gigi anda juga bisa di-bleach untuk mendapatkan warna yang lebih terang dari warna aslinya. Selama bertahun-tahun, gigi menjadi ternoda dan usang dari makanan, minuman, obat-obatan dan kebiasaan buruk seperti merokok. Prosedur Pemutihan gigi mencover gigi dan prosedur ini bisa dilakukan di klinik dokter gigi atau di rumah.

Implan

Implan gigi digunakan untuk mengganti gigi setelah kehilangan gigi. Dokter gigi akan memasukkan sekrup titanium kecil ke rahang di tempat gigi yang hilang, yang berfungsi sebagai pendukung mahkota. Implant ini hampir tidak bisa dibedakan dari gigi alami sekitarnya, dan begitu tulang dan jaringan pendukung menyatu dengan implan, implan ini akan permanen di tempatnya. Pasien perlu mempraktekkan kebersihan mulut yang rajin selama periode penempatan implan untuk membersihkan plak dan puing-puing sisa makanan dari daerah tersebut.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan