5 Pilihan Obat Alami di Rumah yang Dapat Mengurangi Rasa Sakit Gigi

Global Estetik – Jika anda mengalami sakit gigi, penting untuk mengetahui sumber ketidaknyamanan yang anda rasakan. Dari situ, kita nantinya bisa menentukan cara terbaik menghilangkan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya. Air garam dan pengaplikasian kompres biasa biasanya dapat menyembuhkan iritasi ringan, tapi sakit gigi yang lebih serius mungkin memerlukan intervensi dokter gigi.

Jika gejala yang anda alami bertahan lebih dari satu atau dua hari, segera temui dokter gigi pilihan anda. Dokter nantinya dapat memberikan panduan bagaimana meringankan gejala dan mencegah rasa sakit di masa depan. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakan pengobatan berikut jika anda hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis yang mungkin dapat terkena dampak dari beberapa bahan herbal berikut ini.

Berkumur dengan Larutan Air Garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif. Air garam adalah desinfektan alami, dan ini bisa membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi anda. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka yang anda di dalam mulut. Untuk menggunakan pendekatan pengobatan ini, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. Ulangi beberapa kali untuk hasil yang lebih efektif.

Berkumur dengan Hidrogen Peroksida

Berkumur dengan cairan campuran hidrogen peroksida juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan. Selain efektif untuk membunuh bakteri, hidrogen peroksida juga dapat bisa mengurangi plak dan menyembuhkan gusi yang berdarah. Pastikan anda benar-benar telah mencampur dengan sempurna hidrogen peroksida. Untuk membuat campuran solusi ampuh ini, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air dengan perbandingan yang sama dan gunakan sebagai obat kumur. Jangan pernah menelannya !

Kompres dengan Air Dingin

Anda bisa menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang anda alami, terutama jika ada sejenis trauma yang menyebabkan sakit gigi. Ketika menggunakan kompres dingin, proses ini menyebabkan pembuluh darah di daerah yang terkena kompres menyempit. Hal ini membuat rasa sakit sedikit berkurang.  Kompress dingin juga bisa mengurangi pembengkakan. Tahanlah kantong es yang terbungkus handuk ke area yang dirasa sakit selama 20 menit setiap kalinya. Anda bisa mengulanginya setiap beberapa jam sekali.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga memiliki khasiat antiinflamasi yang bisa membantu menyembuhkan luka. Daun ini juga memiliki antimikroba yang bisa membantu perawatan mulut. Kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu  ke air mendidih untuk membuat obat kumur.

Rumput Gandum (Wheatgrass)

Wheatgrass memiliki khasiat penyembuhan yang tak terhitung jumlahnya dan dapat bekerja untuk menyembuhkan tubuh anda dari dalam jika dikonsumsi secara teratur. Bahan alami ini dapat meredakan peradangan di dalam mulut dan mencegah infeksi. Kandungan klorofilnya yang tinggi juga bisa melawan bakteri. Cukup gunakan jus wheatgrass sebagai obat kumur.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan