5 Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Berlebaran

Global Estetik – Dengan musim liburan dan Hari Raya Idul Fitri yang sudah didepan mata, banyak orang berusaha tampil terbaik di hari yang fitri tersebut, ini termasuk memiliki senyuman seputih mutiara. Namun, banyak minuman yang kita konsumsi setiap hari, dan mungkin tidak dipikirkan lagi, yang bisa menggagalkan upaya pemutihan gigi anda. Pastikan anda tahu apa yang minuman-minuman ini akan berikan kepada gigi anda sebelum menikmatinya sehingga anda dapat memiliki senyum berkilau baik pada Hari Lebaran nanti.

 

Kopi

Kopi terkenal karena kemampuan merubah warna gigi anda, warnanya akan berubah menjadi gelap, berkat zat yang dikandungnya yang disebut tanin, dan sangat asam. Warnanya yang gelap bisa berpindah ke gigi melalui pemaparan yang terlalu lama dan sering yang nantinya memberi gigi noda berwarna kuning. Asam dalam kopi akan memakan email gigi jika tidak dibersihkan dengan benar dan cepat. Begitu enamel melemah, lapisan di bawah enamel, yang dikenal sebagai dentin yang warnanya lebih kuning pun terbuka. Jadi, saat anda bertemu dengan seseorang yang sedang minum kopi, pertimbangkan untuk menambahkan susu ke dalam kopi anda agar mengurangi efek yang diberikan kopi kepada gigi anda

 

Teh

Meskipun teh  pada umumnya jauh lebih kurang mengandung asam dibandingkan kopi, mereka tetap mengandung tanin yang bisa disimpan di gigi dan mengubahnya. Sadarilah bahwa teh berbeda memiliki efek pewarnaan yang berbeda pada gigi saat dikonsumsi dalam jumlah besar. Teh hijau akan meninggalkan noda berwarna abu-abu sementara teh hitam meninggalkan noda kuning, mirip dengan kopi. Jika anda ingin terus menikmati teh, carilah teh berkualitas karena mereka akan memapar lebih sedikit warna pada gigi anda daripada pilihan yang lebih murah.

 

Sirup

Sudah lumrah bagi kita untuk menyajikan sirup bagi tamu yang datang bersilaturrahmi ke rumah. Namun ada sebaiknya mengurangi jumlah konsentrasi sirup dalam minuman yang anda berikan kepada tamu. Karena sirup mengandung konsentrasi buah-buah yang ditambahkan dengan zat kimia perasa dan gula. terpaparnya gigi kepada gula dalam jumlah banyak akan memberikan kesempatan pada bakteri untuk mengubahnya menjadi plak yang berdampak besar bagi kesehatan gigi anda.

 

Jus

Jus buah, terutama berry atau jus buah sitrus seperti jeruk atau orange, mengandung asam dan gula. Ini adalah kombinasi yang berbahaya untuk gigi karena asam memecah lapisan luar gigi, memperlihatkan dentin yang rentan, dan gula menawarkan tempat berkembang biak bagi bakteri yang dapat menyerang bagian dalam gigi dan menyebabkan lubang. Efek menguning bisa berasal dari penumpukan bakteri, plak dan karang gigi serta lapisan dalam gigi yang terbuka. Jika anda mencari pilihan hidrasi, air adalah cara terbaik dan paling sehat untuk memuaskan dahaga.

 

Minuman Berkarbonasi

Setiap minuman dengan karbonasi bersifat asam. Ini karena gelembung karbonasi sebenarnya adalah karbon dioksida dan saat Anda meminumnya, gas melewati reaksi kimia didalam mulut yang akan mengubahnya menjadi asam. Asam ini sekali lagi sangat berbahaya bagi enamel gigi karena melemahkannya, membuat gigi lebih rentan, dan memperlihatkan lapisan dalamnya yang berwarna kuning. Pops dan jus berkarbonasi dengan gula sangat merusak karena gula mendorong pertumbuhan bakteri serta memapar gigi anda terhadap asam.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan