5 Makanan Pencegah Perut Kembung

Global Estetik – Kembung dapat terjadi kapan saja dan membuat perut terasa tidak nyaman. Perut kembung dapat terjadi akibat konsumsi minuman bersoda, konsumsi makanan pedas berlebihan, gusi yang terus mengunyah dan asupan garam yang berlebihan. Selain itu, ada beberapa orang yang mengalami perut kembung disebabkan beberapa jenis makanan tertentu seperti biji-bijian, kubis, brokoli, kacang-kacangan, kecambah dan produk susu.

Selain beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung. Ada juga beberapa makanan yang dapat membantu Anda untuk menghindari kembung. Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menghindari perut kembung.

• Mentimun

Kandungan antioksidan flavonoid yang ada di dalam mentimun memiliki manfaat untuk membantu mengontrol perut kembung. Dengan demikian bagi Anda yang sedang mengalami perut kembung dapat mengonsumsi mentimun untuk mengatasinya.

• Seledri

Umumnya seledri dimanfaatkan sebagai bahan dalam masakan. Namun ternyata seledri juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan yaitu dapat mengontrol gas di usus. Kandungan bahan kimia dalam seledri mengurangi retensi cairan. Selain itu sayuran ini juga memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

• Yogurt

Yogurt yang mengandung bakteri lactobacillus dan bifidobacterium merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah gangguan pada pencernaan dan mencegah terjadinya kembung.

• Pepaya

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 lalu menunjukkan bahwa papaya mentah memliki kandungan gerah putih (papain) sehingga papaya dikategorikan sebagai buah yang efektif menjadi laxative atau obat pencahar.

• Pisang

Selain kelebihan gas, perut kembung juga dapat disebabkan oleh konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi. Saat ini banyak jenis makanan yang di jual di supermarket maupun rumah makan yang mengandung banyak garam. Kandungan garam dalam makanan dapat menarik dan menyimpan air di dalam tubuh. Untuk melawan efek dari garam, konsumsi jenis makanan yang mengandung kalium merupakan salah satu caranya. Jenis makanan yang mengandung kalium salah satunya yaitu pisang yang dapat menjaga keseimbangan garam dan kalium sehingga menjaga keseimbangan air dan mencegah terjadinya kembung.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan