11 Kebiasaan Penting Demi Gigi Yang Sehat [Bagian Kedua]

Global Estetik – Dalam bagian pertama sudah dijelaskan tentang bagaimana pentingnya mengetahui cara menyikat gigi yang benar, memilih pasta gigi yang tepat, dan memperhatikan kebersihan lidah. Berikut akan kami lanjutkan list untuk 11 kebiasaan penting untuk mendapatkan gigi yang sehat.

6. Anggap Flossing Sama Pentingnya dengan Menyikat Gigi

Banyak yang sudah patuh dengan rutin melakukan sikat gigi secara teratur, namun banyak juga yang melupakan pentingnya flossing. Flossing tidak hanya untuk membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi namun juga untuk menstimulasi kesehatan gusi, mengurangi plak dan mencegah timbulnya peradangan di dalam mulut. Flossing rutin selama satu hari sekali akan meningkatkan kesehatan gigi yang menyeluruh. 

7. Jangan Biarkan Kesulitan dalam Flossing menghentikan kebiasaan menjaga kesehatan gigi

Flossing pada awalnya memang sulit terutama bagi anak kecil dan orang dewasa yang lebih tua dengan arthritis. Alih-alih menyerah, cari alat yang bisa membantu kamu untuk menyelesaikan flossing  dengan sempurna.

8. Gunakan Obat Kumur

Persepsi yang kita dapatkan dari banyaknya iklan merk obat kumur yang tampil di media membuat kita menjadi sadar akan pentingnya obat kumur bagi kesempurnaan proses pembersihan gigi. Namun banyak diantara kita tidak mengetahui bagaimana sebenarnya cara bekerja dari obat kumur. Obat kumur memiliki tiga fungsi :

  • Mengurangi kadar asam dari mulut
  • Membersihkan area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, dan
  • Mensterilkan gigi

Coba konsultasikan dengan dokter gigi pilihan anda untuk mendapatkan informasi rekomendasi obat kumur terbaik untuk kesehatan gigi dan mulut kamu.

9. Konsumsi Buah-buah dan Sayuran

Kebiasaan ini mungkin merupakan saran yang paling umum dan merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat – termasuk didalamnya gigi yang sehat. Mengonsumsi makanan cepat saji mungkin agak mengenyangkan dan tidak memakan waktu lama. Namun, produk makanan cepat saji akan sangat tidak sehat bagi gigi kamu, apalagi apabila makanan tersebut menyangkut di gigi kamu. Makanan yang segar dan kaya akan fiber adalah pilihan terbaik bagi kesehatan gigi dan mulut. Sebisa mungkin hindari makanan yang lembek dan sekiranya akan menempel ketika dikonsumsi.

10. Kurangi Gula dan Asam

Faktanya adalah, gula pada akhirnya akan merubah menjadi asam yang akan mengerogoti gigi dan kemudian mengikis habis enamel gigi. Asam inilah yang menyebabkan gigi berlubang. Buah-buahan yang asam, teh, dan kopi juga bisa merusak enamel gigi. Meskipun kamu tidak perlu untuk berhenti secara sepenuhnya mengonsumsi gula dan asam namun setidaknya kamu perlu sadar untuk tidak terlalu berlebihan dala, mengonsumsinya.

11. Rutin Periksakan Kesehatan Gigi di Klinik Gigi Pilihan Kamu

Kebiasaan sehari-hari kamu memang tidak bisa dipungkiri pentingnya bagi kesehatan mulut secara keseluruhan. Meski begitu, orang-orang yang menjaga kebiasaan baik pun perlu menemui dokter gigi secara teratur. Minimal, kamu harus menemui dokter gigi untuk membersihkan dan melakukan pemeriksaan dua kali setahun. Tidak hanya bisa menghilangkan karang gigi dan mengobati gigi berlubang dokter gigi juga nantinya dapat bisa mengenali masalah potensial dan menawarkan solusi pengobatan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan