11 Kebiasaan Penting Demi Gigi Yang Sehat [Bagian Pertama]

Global Estetik – Untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat dibutuhkan ketekunan untuk menjaga pola hidup sehat sepanjang hidup. Meskipun terkadang kamu mendapatkan pujian dari orang lain ataupun dokter gigi pilihanmu, namun sangatlah penting untuk terus melakukan langkah yang benar serta sehat setiap harinya. Perawatan rutin, tepat dan berkelanjutan dapat merawat kesehatan gigi dan mulut serta mencegah timbulnya masalah. Tentunya dibutuhkan pemilihan produk yang tepat serta pemilihan dokter gigi yang cocok untuk kamu untuk selalu menjaga kesehatan mulut. Kebiasaan sehari-hari juga merupakan hal yang fundamental untuk menjaga kesehatan oral  kamu, berikut ada 10 tips kebiasaan yang mesti kamu ingat dan lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1. Jangan Tidur Sebelum Menyikat Gigi di Malam Hari

Bukan rahasia lagi bahwa rekomendasi standar adalah menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Namun, banyak dari kita yang terus mengabaikan gigi kita di malam hari. Menyikat gigi sebelum tidur di malam hari dapat menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk dari hasil konsumsi makanan sepanjang hari.

2. Sikat Gigi dengan Benar

Cara menyikat gigi sangatlah penting untuk dipelajari. Mengerjakan proses menyikat gigi yang salah adalah sama buruknya dengan tidak menyikat gigi sama sekali. Mulai perlahan, gerakkan sikat gigi secara perlahan dan lembut, lakukan gerakan melingkar untuk menghilangkan seluruh plak yang menempel di gigi, coba raih seluruh bagian dari gigi meskipun terkadang agak sulit. Plak akan selalu ada menempel pada gigi dan apabila tidak segera dibersihkan akan menumpuk dan menyebabkan timbulnya masalah pada gigi dan gusi.

3. Jangan Lupa untuk Memperhatikan Kesehatan Lidah

Plak juga dapat membentuk di tepi-tepi dari lidah, hal ini dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Selain bau mulut, plak yang menempel di lidah juga dapat berakibat pada munculnya masalah yang ada pada mulut diwaktu yang akan datang. Sikat lidah secara lembut setiap kali kamu menyikat gigi.

4. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Flouride

Ketika memilih pasta gigi, ada elemen paling penting yang mesti kamu perhatikan sebelum memilih rasa atau kemampuan memutihkan gigi, dan elemen itu adalah Flouride. Apapun brand yang kamu pilih, tetap pastikan keterlibatan senyawa flouride dalam bahan-bahan pembuatan pasta gigi tersebut.

Flouride memang baru-baru ini  menjadi sorotan publik setalah munculnya penelitian mengenai dampak buruknya terhadap area kesehaatan yang lain, namun flouride tetap menjadi andalan dalam kesehatan mulut. Ini karena fluorida merupakan bentengg pertahanan terdepan untuk melawan kerusakan gigi. Ia bekerja dengan memerangi kuman yang bisa menyebabkan pembusukan, sekaligus memberikan penghalang pelindung bagi gigi.

5. Pastikan untuk Mengonsumsi banyak Air Putih

Air akan selalu dan terus menjadi minuman terbaik bagi kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan, termasuk didalamnya kesehatan gigi juga. Langkah praktis untuk menjaga suplai air demi kesehatan gigi adalah dengan meminum air putih setelah habis makan, langkah ini dapat membantu membersihkan (meskipun tidak menyeluruh) beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang baru saja kamu konsumsi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan